JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Magelang Diguyur Hujan Abu Usai Erupsi Gunung Merapi

   
Aktivitas Gunung Merapi, Senin (14/10/2019) sore / tsmpo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Letusan awan panas Gunung Merapi, Senin (14/10/2019) sore kemarin, mengakibatkan terjadinya hujan abu tipis yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang, Edy Susanto sejumlah kecamatan yang mengalami hujan abu adalah Kecamatan Srumbung, Dukun, Salam, Sawangan, Muntilan, dan Mungkid.

Berdasarkan laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegempaan Geologi (BPPTKG) telah terjadi letusan awan panas Gunung Merapi pada pukul 16.31 WIB.

Baca Juga :  2 Motor Kejar-kejaran Tengah Malam Hingga Terjadi Kecelakaan di Sleman, Diduga Aksi Klitih

Awan panas terekam di seismogram dengan durasi 270 detik dan amplitudo 75 mm. Terpantau kolom setinggi kurang lebih 3.000 meter dari puncak. Angin bertiup ke arah barat daya.

Ia menuturkan rekomendasi jarak bahaya 3 kilometer dari puncak. Di luar radius tersebut masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa.

Masyarakat diimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

Ia menyebutkan sebaran abu vulkanik di Kecamatan Srumbung, antara lain di Desa Ngargosoko, Mranggen, dan Srumbung.

Kemudian di Kecamatan Dukun di Desa Sumber, Ngargomulyo, Kalibening, Ngadipuro, dan Mangunsoko, Kecamatan Salam di Desa Sucen dan Jumoyo, Kecamatan Muntilan di Desa Tamanagung dan Muntilan, Kecamatan Mungkid di Desa Bojog dan Pabelan.

Baca Juga :  Keributan Antarkelompok di Yogya, Polisi Amankan Seorang Pemuda Berikut Gesper Besi

Edy mengatakan atas kejadian letusan awan panas tersebut BPBD Kabupaten Magelang membagikan masker kepada masyarakat yang terjadi hujan abu.

“Ada dua tim BPBD Kabupaten Magelang yang membagikan masker, masing-masing tim menggunakan mobil,” katanya.

Selain membagikan masker, katanya, BPBD juga mengimbau masyarakat agar tidak panik dan menjalankan aktivitas seperti biasa. 

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com