JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Milad ke-61, UMS Memasuki Fase Penguatan Reputasi Nasional dan Internasional

   
Rektor UMS, Prof Sofyan Anif saat menyampaiakan Laporan Tahunan Rektor UMS 2019 yang disampaikan pada upacara Hari Jadi ke 61 UMS, Kamis (24/10/2019), di Auditorium Muh Djazman. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menginjak usia ke-61, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memasuki fase penguatan reputasi nasional dan internasional. Sebagai salah satu universitas swasta terbesar di Indonesia, UMS terus mendukung setiap elemen sivitas akademika untuk bersinergi deni kemajuan institusi.

“Di usia ke 61 ini, UMS memasuki fase penguatan reputasi nasional dan internasional. Pada fase sebelumnya, UMS telah berhasil melakukan berbagai inovasi dalam berbagai upaya penguatan lembaga,” urai Rektor UMS, Prof Sofyan Anif dalam Laporan Tahunan Rektor UMS 2019 yang disampaikan pada upacara Milad ke 61 UMS, Kamis (24/10/2019), di Auditorium Muh Djazman.

Rektor menambahkan, UMS juga terus membuktikan menjadi Perguruan Tinggi kredibel baik di tingkat nasional maupun internasional dari tahun ke tahun. Pada tahun 2005 UMS telah menetapkan visinya yaitu Sebagai Pusat Pengembangan IPTEKS yang Islami dan Memberikan Arah Perubahan.

Baca Juga :  Ketahuan Curi Motor, Maling Nekat Ceburkan Diri ke Kali Pepe: Warga yang Geram Lempari Pelaku dengan Batu

“Bila dilihat dari mile-stone perjalanan visi, maka pada tahun 2017 yang lalu sampai dengan tahun 2021 mendatang, UMS diharapkan menjadi perguruan tinggi yang semakin mendapatkan trust (kepercayaan) dan recognize (pengakuan) baik nasional maupun dalam kancah internasional. Sehingga pada tahun 2029 nanti, berdasarkan Renstra jangka panjang, UMS akan dapat mewujudkan impiannya untuk menjadi Perguruan Tinggi yang mendapatkan predikat sebagai World Class University. Sehingga pada saat itu, UMS akan semakin mendapatkan ruang yang makin lebar sebagai sebuah perguruan tinggi yang dapat memberikan kontribusi riil dalam memberikan arah perubahanterhadap terciptanya martabat bangsa yang menjadi impian seluruh rakyat Indonesia,” paparnya.

Baca Juga :  Desak Pemakzulan Jokowi,  Aksi Demo di Depan Balaikota Solo Diwarnai Aksi Bakar Ban

Di sisi lain, sampai tahun ini, jumlah total mahasiswa yang lolos test dan registrasi untuk jenjang S1, S2, dan S3 terus mengalami peningkatan. Tahun 2017 sebanyak 8.103 mahasiawa, tahun 2018 meningkat menjadi 9.191 mahasiswa dan tahun 2019 menjadi 9.754 mahasiswa. Rata-rata kenaikan 13% tahun 2017 ke tahun 2018 dan 6% tahun 2018 ke tahun 2019. Termasuk jumlah mahasiswa asing sampai tahun 2019 berjumlah 128 orang, sedangkan jumlah student mobility sebanyak 166 mahasiswa. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com