JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mulai Besok Hingga 20 Oktober 2019, Demo Mahasiswa Dilarang

Pangdam Jaya Mayor Jenderal Eko Margiyono bersama Ketua BBWSCC Bambang Hidayah dalam penandatanganan MoU ihwal penjagaan 6 sungai dan 5 situ di kawasan Jakarta, Bekasi, dan Depok, di Jakarta Timur, Kamis (12/9/2019) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Aksi demontrasi mahasiswa kini mulai dilarang hingga pelaksanaan pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi – Ma’ruf Amin) tanggal 20 Oktober 2019 besok.

Demikian ditegaskan oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono. Dia mengatakan, pemberitahuan demo mahasiswa ataupun masyarakat tidak akan diproses. Larangan itu berlaku untuk sekitar lingkungan gedung MPR/DPR di Senayan, Jakarta.

“Sehingga, kalau ada unjuk rasa, bahasanya tidak resmi atau ilegal,” ujar Eko seusai mengikuti rapat koordinasi pengamanan pelantikan presiden bersama pimpinan DPR di Kompleks Parlemen, Senayan pada Senin (14/10/2019).

Baca Juga :  Pengamat: Manuver NasDem Fokus untuk Selamatkan Partai, PKB tinggal Tunggu Waktu

Saat pelantikan presiden 20 Oktober mendatang, Pangdam Eko yang akan berperan sebagai pimpinan sektor keamanan dan akan berlaku Protap Waskita (pengamanan presiden). Polda Metro Jaya dan Mabes Polri juga akan turut membantu mengamankan acara tersebut.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono mengatakan, terkait larangan unjuk rasa pada 15-20 Oktober ini, pihaknya akan mengambil diskresi untuk tidak memberikan surat pemberitahuan unjuk rasa.

Baca Juga :  Besok Batas Akhir Permohonan Gugatan Sengketa Pemilu di MK, TPN Ganjar-Mahfud Siap Daftar Susul Tim AMIN

“Tujuannya agar situasi tetap kondusif. Saat pelantikan, beberapa kepala negara akan hadir beserta utusan-utusannya. Kita hormati itu agar bangsa kita dikenal bangsa beradab dan santun,” ujar Gatot.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan dilakukan pada 20 Oktober 2019. Pelantikan dilakukan pukul 14.00 WIB.

Sebanyak 27.000 personel TNI-Polri akan dikerahkan untuk menjaga pelantikan. Seluruh personel akan mengamankan tempat-tempat sentral di Jakarta. Pelantikan itu sendiri akan digelar di Kompleks Parlemen.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com