JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mulai Tahun Depan, Bidik Misi Akan Diubah Menjadi KIP Kuliah

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Dr Muhammad Nasir MSi Akt PhD / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – beasiswa Bidik Misi yang berlaku sekarang, kemungkinan tahun depan akan berganti nama menjadi Kartu Indonesia Pinter (KIP) Kuliah.

Hal itu dikemukakan oleh Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, Didin Wahidin.

“Tahun depan ada rencana untuk mengganti beasiswa Bidik Misi menjadi KIP Kuliah dengan jumlah penerima beasiswa mencapai sekitar 800.000 mahasiswa,” kata Didin Wahidin usai membuka Kontes Kapal Cepat tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019 di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (11/10/2019).

Didin menjelaskan, sekitar 800.000 mahasiswa yang memperoleh beasiswa pada 2020 secara rinci adalah 400.000 untuk mahasiswa baru dan 400.000 untuk yang on going.

Menurut Didin, jumlah tersebut meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, tidak ada perubahan nominal yang diterima mahasiswa atau masih sama dengan Bidik Misi sebelumnya.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Nominal yang diterima mahasiswa (melalui rekening masing-masing) sebesar Rp 650.000 per bulan dan Rp 2,4 juta per semester yang masuk ke rekening perguruan tingginya. “Untuk KIP kuliah nanti, datanya sudah ada.

“Kami (Kemeristekdikti) sudah menyinkronkan data dengan Kemenaker, Kemendikbud dan Kemensos,” tuturnya.

Ia mengatakan sebagai tahap awal, KIP kuliah akan memberi prioritas pada mahasiswa yang kuliah di bidang science dan vokasi. Sedangkan untuk bidang atau ilmu-ilmu sosial pada tahap selanjutnya.

“Bukannya tidak ada untuk ilmu-ilmu sosial,” katanya.

Dengan KIP Kuliah, lanjutnya, mereka yang saat sekolah (SMA sederajat) sudah memiliki KIP, maka eligible bisa mendapatkan KIP Kuliah. Untuk PTN, ada kewajiban memberi porsi 20 persen beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Sementara bagi PTS tidak ada kewajiban itu. Meski beasiswa disediakan untuk semua perguruan tinggi, banyak PTS yang tidak berkenan. Namun, bukan berarti PTS tidak memberikan porsi beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu.

“Nominal beasiswanya hanya Rp 2,4 juta per semester. Memang ada PTS yang berharap mendapatkan beasiswa Bidik Misi, terutama yang uang semesternya tidak lebih dari Rp 2,4 juta, namun kebanyakan SPP di PTS, khususnya PTS yang besar dan maju, SPP-nya sudah di atas angka Rp 2,4 juta,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com