JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Peran Orangtua dan Rasa Penasaran Bisa Maksimalkan Minat dan Potensi Anak

   
Ilustrasi. Foto: pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM — Minat seorang anak timbul dan dimulai dari rasa penasaran yang mendorong anak untuk bereksplorasi. Minat juga merupakan aspek penting dalam hubungan antara orang tua dan anak.

“Sebagai orang tua, memberikan respon yang antusias akan membuat anak semangat untuk lebih mencari tahu dan mengeksplorasi lebih,” kata Psikolog Klinis Anak, Kantiana Taslim dalam keterangan pers yang diterima Tempo pada 24 Oktober 2019.

Kantiana mengingatkan agar orang tua paham bahwa anak-anak generasi alpha ini tumbuh secara berbeda dari orang tua mereka. Artinya pendekatan yang perlu dilakukan orang tua pun perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada. Terkait peran orang tua dalam memaksimalkan minat dan potensi generasi alpha, berikut 4 langkah yang perlu diperhatikan:

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

1. Penuhi kebutuhan nutrisi harian, khususnya yang berperan dalam pembentukan otak anak

2. Berikan stimulus melalui berbagai macam aktivitas, namun jangan memaksakan minat orang tua pada anak. Biarkan anak berproses menemukan minatnya sendiri

3. Mengajarkan optimisme dengan menstimulasi dan mendorong anak untuk terus mencoba

4. Memberikan apresiasi terhadap usaha anak untuk meningkatkan motivasi dan hindari penilaian atau judgment

Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro menambahkan untuk membantu anak meraih minat dan potensi terbaik mereka, penting bagi orang tua untuk menempatkan diri sebagai pembimbing dan pendukung yang membantu menstimulasi proses eksplorasi minat anak.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

“Kami percaya, dengan terus memberikan asupan nutrisi berkualitas, membuka kesempatan bagi anak untuk tumbuh dengan minat yang berbeda, serta menanamkan nilai-nilai penting dan mendasar pada anak sejak dini – generasi ini akan tumbuh menjadi generasi yang berkualitas, kompetitif dan siap menghadapi berbagai peluang dan tantangan yang akan mereka hadapi di masa datang,” kata Andrew dalam peluncuran FRISIAN FLAG® Junio .

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com