JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Puluhan Museum Ikuti Museum Goes To Campus ke- 4

   
Uversitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menggelar Museum Goes to Campus (MGtC) ke-4 tahun 2019. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Uversitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menggelar Museum Goes to Campus (MGtC) ke-4 tahun 2019. MGtC ke-4 ini akan digelar pada 29-30 Oktober mendatang di Auditorium G.P.H Haryo Mataram UNS dengan mengambil tema `Keberagaman sebagai Dinamisator Peradaban`.

Ketua Panitia MGtC ke-4, Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A mengatakan, MGtC adalah pameran bersama sejumlah museum yang diadakan di UNS. Pameran ini merupakan kegiatan tahunan Kampus UNS dan sejak tahun 2018 telah dicanangkan sebagai agenda kebudayaan (calender of event) Kota Surakarta.

“Pameran MGtC merupakan salah satu upaya UNS menyematkan ciri sebagai kampus berwawasan kebudayaan dan meneguhkan prinsip sebagai kampus Benteng Pancasila. Lebih jauh, melalui Pameran MGtC, UNS berupaya ikut serta merealisasikan UU Nomor 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dan berpartisipasi memperingati Hari Museum Indonesia, 12 Oktober,” ujar Insiwi di sela-sela Jumpa Pers di Ruang Sidang 1 Kantor Pusat UNS, Jumat (25/10/2019).

Baca Juga :  Kasus DBD Solo Melonjak, 2 Pasien Meninggal Dunia

Sementara itu, Inisiator MGtC, Agus HK Supomo mengatakan, pameran MGtC bukan hanya pameran koleksi museum belaka. Serangkaian kegiatan pendukung menyertainya, seperti seminar sejarah/permuseuman, workshop, bedah buku, lomba untuk mendekatkan generasi milenial pada museum, dialog komunitas budaya, permainan anak tradisional, pentas seni dan lain-lain.

MGtC ke-4 ini akan diikuti oleh puluhan museum dari berbagai kota. Diantaranya Museum Lokabudaya Universitas Cenderawasih Papua, Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta, Museum UNS, Museum/Lab Sejarah FIB UNS, Museum/Lab Sejarah FKIP UNS, Museum/Lab Sejarah FKIP Universitas Veteran Sukoharjo, Museum Keris Nusantara Solo, Museum Kambang Putih Tuban, Museum Bung Karno Blitar, Museum Penerangan Jakarta, Perpustakaan Nasional R.I. Jakarta, Arsip dan Perpustakaan Daerah Jawa Tengah Semarang dan Confusius Institute.

Baca Juga :  Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional Sepanjang 22 KM Saat Mudik Lebaran 2024

Agus menambahkan, MGtC 4 juga diisi dengan beberapa kegiatan pendukung, diantaranya seminar tentang kecendekiaan dalam perspektif sejarah. Seminar ini bertemakan Pustaka Para Cendekia dan Nasionalisme yang akan dilaksanakan pada Rabu (30/10/2019) bertempat di Ruang Sidang II Gedung Rektorat UNS Lantai II. Lalu Workshop untuk Para Guru Sejarah
dilaksanakan Rabu (30/10/2019) bertempat di Ruang Seminar Gedung 3 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS. Kemudian workshop mengenai arsip keluarga, Lomba Dongeng, Dolanan Anak Tradisional dan Workshop Membatik dan Games Interaktif Sejarah.

Sementara itu, Dekan FIB, Prof. Dr. Warto, M.Hum dalam jumpa pers mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan MGtC ini. “Semoga melalui kegiatan ini bisa mengedukasi para pengunjung,” ujar Prof. Warto. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com