JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rangkul Prabowo, Jokowi Tak Ingin Ada Oposisi

Presiden Joko Widodo mengundang Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 11 Oktober 2019. Sehari sebelumnya, Kamis (10/10/2019), Jokowi bertemu Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Naiknya Prabowo Subianto ke kursi Menteri Pertahanan membuat kecewa beberapa pihak. Salah satunya adalah para relawan Prabowo maupun relawan Jokowi.

Namun, presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasannya memberikan jatah kursi menteri kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Kita ini pingin membangun demokrasi gotong royong. Jadi, perlu saya sampaikan bahwa di Indonesia ini tidak ada oposisi seperti negara lain. Demokrasi kita ini adalah demokrasi gotong royong,” kata Jokowi dalam dialog bersama awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Baca Juga :  Paslon Anies-Cak Imin Resmi Serahkan Gugatan Hasil Pilpres 2024, Ini Respons MK

Jokowi mengatakan tak ada masalah jika memberikan jatah menteri kepada pihak yang pernah menjadi lawannya dalam Pilpres 2019 itu.

“Kalau itu baik untuk negara, untuk demokrasi kita kenapa tidak?” katanya.

Lagipula, kata Jokowi, sistem presidensial di Indonesia memang tidak seperti di luar negeri yang hanya ada dua partai besar. Di Indonesia, meski ada dua calon presiden yang berkompetisi, tetapi partainya ada banyak.

Baca Juga :  Usul Bansos Disetop Jelang Pilkada, KPK Diprotes Menko PMK

Selain itu, Indonesia juga masih menuju proses demokrasi bernegara ke depan.

“Saya kira proses-proses kematangan, proses-proses demokrasi ini memang semuanya masih dalam proses, tapi saya lihat itu menuju sebuah koridor yang semakin baik,” ujarnya.

Prabowo yang sudah dua kali menjadi rival Jokowi di pilpres, kini bersedia bergabung dengan pemerintahan.

Prabowo menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju dengan mengemban jabatan Menteri Pertahanan. Padahal, Prabowo selama ini menjadi oposisi di periode pertama Jokowi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com