JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Seminar Moderasi Islam di UII, Peserta Sangat Antusias Sambut Ustadz Abdul Somad (UAS)

   
Ustaz Abdul Somad di masjid ulil albab kampus UII Yogyakarta, Sabtu (12/10/2019). Republika/Istimewa

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM — Peserta seminar Moderasi Islam di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia (UII), Sabtu (12/10/2019) membeludak. Seminar tersebut menghadirkan Ustaz Abdul Somad (UAS) sebagai pembicara.

Kabar kedatangan UAS saja sudah disambut begitu banyak masyarakat sekitar. Bahkan, antrean kendaraan roda empat di jalan masuk Kampus Terpadu UII sudah terlihat sejak mendekati masuk waktu Dzuhur.

Mulai dari anak-anak muda, orang-orang tua, sampai keluarga-keluarga yang membawa lengkap anak-anaknya ada. Semua tampak antusias menunggu kedatangan sosok dai kondang tersebut.

Setelah shalat dzuhur, masyarakat sudah memenuhi hampir setiap lantai di Masjid Ulil Albab. Jamaah laki-laki di lantai dua, jamaah perempuan di lantai tiga dan yang melihat lewat layar di lantai satu.

UAS memasuki ruang utama masjid pada 12.50, 10 menit lebih awal waktu undangan. Dosen UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) itu datang didampingi Rektor UII, Fathul Wahid dan moderator, Nurkholis.

Baca Juga :  Intensitas Guguran Lava Gunung Merapi Tinggi, Warga Diimbau Tak Beraktivitas di Daerah Potensi Bahaya

Dalam pengantar seminarnya, Rektor UII Fathul Wahid mengingatkan, UII didirikan sebagai salah satu hasil musyawarah Masyumi di Jakarta. UII didirikan pada 8 Juli 1945, 40 hari sebelum kemerdekaan Indonesia.

Saat itu, pendiri-pendiri UII merupakan pula pendiri-pendiri bangsa. Inilah yang menjadi bibit kesuksesan UII sampai hari ini merawat nilai-nilai keislaman dan nilai-nilai kebangsaan atau keindonesiaan.

“Sehingga nilai-nilai kebangsaan dan nilai-nilai keislaman dipadukan, seperti semangka yang hijau luarnya tapi ketika dibuka merah putih hatinya,” kata Fathul, Sabtu (12/10/2019)

Saking padatnya, empat saf jamaah perempuan yang seharusnya ada di lantai tiga harus dipindah ke sebelah barat lantai dua. Lalu, bagian selatan lantai tiga akhirnya diisi jamaah laki-laki yang berdiri.

Baca Juga :  Dua Orang Ini Resmi Jadi Buron Polres Bantul, Siapa yang Tahu Diimbau Lapor

Tidak seperti ceramah-ceramah biasa, kali ini UAS memberikan materi memang selayaknya pengisi seminar. Menggunakan bantuan power point, materi-materi yang disampaikan memang tampak lebih serius.

Meski begitu, seperti biasa, UAS memang lihai menyisipkan candaan-candaan dalam penyampaiannya. Bahkan, sambil bercanda, UAS mengaku bingung seharusnya seperti apa menyampaikan materi agar orang puas.

“Beginilah kalau serius, nanti kalau bercanda dibilang halah UAS sebenarnya tidak pintar-pintar amat itu, jadi saya harus gimana,” ujar UAS, yang diikuti tawa seisi ruang utama Masjid Ulil Albab.

UAS sendiri menyampaikan materi sekitar 75 menit, sedangkan sisanya, 45 menit, diisi sesi tanya jawab. Seminar berakhir pada 15.00, tepat pada masuknya waktu ashar di Masjid Ulil Albab UII.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com