JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sempat “Hujan” Batu, Demo Di Depan DPRD Solo Berakhir Damai

   
Aksi demo di depan Gedung DPRD Surakarta, Senin (30/9/2019) berakhir damai. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Aksi demo di depan Gedung DPRD Surakarta, Senin (30/9/2019) berakhir damai. Kendati sebelumnya terjadi pelemparan batu oleh massa aksi dan sempat mengenai empat Polwan yang mengamankan aksi.

Aksi yang berlangsung sejak pukul 15.45 WIB tersebut akhirnya berakhir sekitar pukul 20.40 WIB dengan ditandai aksi berpelukan antara massa aksi dengan petugas keamanan. Sebelumnya, hingga pukul 18.00 WIB massa terlihat masih bertahan dengan orasi-orasinya. Massa yang mayoritas merupakan pelajar tersebut terus beraksi hingga sekitar pukul 20.22 WIB terjadi lemparan batu dari arah pengunjuk rasa, disusul dengan lemparan-lemparan batu berikutnya.

Baca Juga :  Saling Sindir, Disebut Hasto Selalu Berbohong, Gibran: Pak Hasto Bahasanya Selalu Meresahkan

Lemparan batu berhenti setelah berlangsung sekitar 10 menit dan sempat mengenai empat polwan yang berjaga di barisan paling depan. Karena tidak mendapatkan respon balik dari apaeat, massa aksi kemudian berhenti dan menyerah. Akhirnya aksi demo berakhir dengan damai.

Kapolresta Surakarta, AKBP Andy Rifai menyebutkan, sejak awal pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada massa aksi.

“Walaupun dari mereja berupaya untuk memprovokasi kita, tapi kita buktikan bahwa kita tidak melakukan tindakan represif. Walaupun juga sempat ada lemparan batu dan ada beberapa polwan yang terkena, tapi alhamdulillah kondisinya tidak apa-apa,” ungkapnya usai demo.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

Kapolrwsta menegaskan bahwa tindakan pengamanan pada demo kali ini merupakan evaluasi dari pengamanan demo sebelumnya yang sempat ricuh.

“Untuk demo kali ini, kita tidak bisa membedakan mereka dari mana karena mereka tanpa identitas. Maka kita pastikan semuanya harus mendapatkan pelayanan yang baik. Termasuk evaluasi sehibgga menghindari korban juga. Kita bertahan dan tidak bereaksi sama sekali,” tandasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com