JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Tak Banyak Yang Tahu, Fungsi Lain Dari Borgol Ternyata Bisa Dipakai Untuk Ini! 

Foto/Humas Polda
   
Foto/Humas Polda

KEBUMEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bagi masyarakat awam perlengkapan borgol barangkali hanya diketahui untuk mengekang penjahat.

Tapi ternyata ada fungsi lain borgol, selain untuk memborgol pelaku kejahatan.

Dalam teknik beladiri Polri, borgol bisa juga digunakan sebagai alat pertahanan dan alat untuk melumpuhkan musuh.

Pada kesempatan apel besar yang digelar Polres Kebumen, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan borgol dapat diaplikasikan ke dalam teknik beladiri Polri.

Dalam gerakan dasar, borgol bisa digunakan sebagai alat pemukul serta alat untuk menangkis pukulan lawan, diluar fungsi aslinya sebagai borgol.

Baca Juga :  Dampak Banjir Kudus, 141 Warga Masih Tinggal di Posko Pengungsian Sepekan Ini

“Dengan demikian, sebagai anggota Polri, borgol harus selalu kita bawa saat bertugas.” jelas AKBP Rudy di sela kegiatan apel seperti dilansir Tribratanews Polda Jateng, Senin (14/10/2019).

Pada kesempatan setelah apel itu, Kasat Tahti Polres Kebumen Ipda Suwarto yang juga instruktur beladiri Polres Kebumen memperagakan cara menggunakan borgol diluar fungsi borgol selanjutnya diikuti seluruh personel.

“Ini juga sebagai upaya kita dalam meningkatkan kemampuan para personel dalam melaksanakan tugasnya. Para personel harus mahir dalam beladiri,” katanya.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Café di Semarang Diringkus Polisi

Borgol adalah adalah alat penahan yang dirancang untuk menyatukan kedua pergelangan tangan seseorang, untuk mencegah seseorang lari dari tahanan.

Biasanya terdiri dari dua gelang yang dihubungkan dengan rantai pendek, setiap gelang dapat dibuka dan ditutup dengan kunci serta terbuat dari logam.

Sifatnya yang cukup keras, oleh anggota Polri bisa digunakan sebagai alat untuk melumpuhkan musuh. JSnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com