JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Terpapar Asap Putri Cempo, Sejumlah Warga Karanganyar Mulai Mengungsi. Beberapa Anak Mulai Sakit Sesak Nafas 

Ilustrasi siswa pakai masker . Foto/Tempo
   
Ilustrasi siswa pakai masker cegah asap. Foto/Tempo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Masyarakat di sekitar kawasan  Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo, Solo, masih terpapar asap dari kebakaran yang belum padam sepenuhnya. Kondisi ini sejak dua belum yang lalu, namun kondisi asap semakin parah baru enam hari belakangan ini.

Bahkan sejumlah warga Karanganyar dan Solo terpaksa harus mengungsi ke luar dari perkampungan karena asap yang menyerang rumah mereka.

Mereka khawatir terjangan asap bakal mengancam keseharan dan mengakibatkan sesak nafas dan batuk-batuk yang mulai menyerang warga sekitar.

Salah satu warga yang terpaksa mengungsi adalah Ambarsari (28) warga Sulurejo RT 08/09, Gondangrejo, Karanganyar. Asapnya terlalu tebal apalagi jika malam hari anginnya ke arah utara. Apalagi dirinya juga memiliki anak kecil sehingga harus mengunsi ke rumah orang tuanya.

“Sudah lima hari ini keluar rumah. Takut anak-anak sakit makanya saya titipkan ke rumah orang tua,” paparnya Jumat (11/10/2019).

Ambar menuturkan dampak asap,  anaknya sempat  batuk dan sesak nafas. Akhirnya dibawa ke Puskemas untuk mendapat bantuan pernafasan dan diberi uap untuk anaknya.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Kota (DKK) memberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi puluhan warga Jantirejo, RT 3/39 Mojosongo, Solo yang terdampak asap kebakaran TPA Putri Cempo.

Mereka mendapatkan pengecekan kesehatan seperti  pemeriksaan tekanan darah, konsultasi kesehatan dan pemberian obat kepada warga yang merasakan sakit, baik itu batuk, sesak nafas maupun penyakit lainnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com