JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

World Sight Day di SD Marsudirini, Upaya Mendeteksi Kesehatan Mata Sejak Dini

“Pemeriksaan sifatnya masih sederhana, jadi tidak dilakukan oleh dokter, melainkan cukup oleh relawan dan guru,” paparnya.

Sementara itu, dr Senyum Indrakila Sp.M selaku Ketua Perdami Cabang Kota Surakarta menjelaskan,  pemeriksaan kesehatan mata di SD Marsudirini  tersebut sebenarnya merupakan inisiasi.

dr Senyum Indrakila SpM / Joglosemarnews

Di mana, dalam bulan-bulan selanjutnya akan dilakukan kegiatan serupa secara simultan ke sekolah-sekolah lainnya.

“Ini kita lakukan karena deteksi dini kelainan mata sangat penting. Deteksi yang terlambat akan mengakibatkan penangan myang tidak maksimal. Dampak selanjutnya adalah prestasi akademik anak yang menurun,” beber Dr Senyum yang juga menjadi penanggung jawab kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Ini Jawaban MWA Atas Aksi Protes Mahasiswa FKOR UNS

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SD Marsudirini Surakarta, Fransisca Sri Lani, S.Pd  berharap, dengan kegiatan tersebut peserta didik maupun orang tua dapat memahami dan merawat kesehatan mata anak-anaknya.

“Terutama, bagaimana  anak-anak bisa mengatur atau mengurangi penggunaan handphone. Ini juga edukasi bagi orangtua, bagaimana harus mendampingi anak-anaknya di rumah, terutama dalam hal penggunaan gadget ini. Anak-anak kan jangkauannya masih panjang, kan eman-eman,” ujarnya.

Baca Juga :  Soroti Kebijakan Pengembangan Potensi Daerah di Indonesia, Prof Winarti Dikukuhkan Jadi Guru Besar Unisri Solo

Sebelumnya, kegiatan World Sight Day ini dirangkai dengan lomba menulis untuk kelas 3,4, 5 dan 6 serta lomba bercerita untuk siswa kelas 1 dan  2. Kedua lomba tersebut mengambil tema dan mengandung kisah tentang kaca mata.

“Hasil tulisan itu kemudian dibikin  video lalu di-upload ke instagram,” ujar dr Enny. suhamdani

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com