JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Cek Proyek Revitalisasi Rp 225 Miliar di PG Mojo Sragen, Komisi VI DPR RI Sebut Target Swasembada Gula Bisa Ambyar Tanpa Roadmap Jelas. Ingatkan Motif Importir Pemburu Rente!  

Aria Bima. Foto/Wardoyo
   
Aria Bima. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima mengingatkan agar BUMN yang mengurusi pergulaan nasional, segera menyusun road map tata niaga gula. Selain itu ia juga mengkritisi kebijakan impor gula agar jangan sampai disusupi kepentingan importir pemburu rente.

Hal itu disampaikan seusai berkunjung ke Pabrik Gula (PG) Mojo Sragen, kemarin. Kunjungan dilakukan untuk mengecek progress proyek revitalisasi PG Mojo yang digelontor penyertaan modal negara (PNM) Rp 225 miliar.

Ia mengatakan revitalisasi PG itu diharapkan bisa meningkatkan produktivitas sehingga target swasembada gula 5 tahun ke depan bisa tercapai.

Ia mengatakan revitalisasi menjadi solusi untuk mengejar defisit produksi gula nasional saat ini. Ia menyebut dari 41 pabrik gula yang ada di bawah BUMN, produksi gula pertahun hanya 1,4 juta ton.

Jumlah itu di bawah kebutuhan gula nasional sekitar 3 juta ton pertahun. Setiap tahun, defisit gula konsumsi baru 600.000 ton.

“Dengan revitalisasi ini, lima tahun ke depan ini, swasembada gula konsumsi secara tahap bisa tercapai,” paparnya kepada wartawan.

Ia mengatakan dengan revitalisasi, diharapkan rendemen pabrik gula yang selama ini di angka 6, bisa naik ke angka 7 dan 8.

Baca Juga :  Geger Warga Sragen Beli Mobil Baru Isi Bahan Bakar Dexlite di SPBU Jetak Sidoharjo Sragen Mesin Langsung Rusak, Komsumen Curigai Jual Dexlite Tidak Asli

Selain revitalisasi, leverage asset juga menjadi solusi lain yang bisa dilakukan. Lantas dari komisi VI juga akan menjaga kebijakan politik untuk membatasi impor gula agar produksi gula bisa terjaga.

“Termasuk jangan sampai ada rembesan dari gula produksi ke konsumsi. Kalau tidak dijaga pasti akan ambyar. Lima tahun ke depan akan mengalami problem yang sama,” urainya.

Politisi asal PDIP itu juga menekankan pentingnya road map tata niaga yang kuat untuk mengatur gula produksi dan gula konsumsi. Road map dinilai penting untuk menjaga stabilitas gula nasional demi mengejar target swasembada gula lima tahun mendatang.

Defisit gula industri atau nantinya akan diarahkan untuk diberikan kebijakan importir gula konsumsi sehingga keuntungannya bisa digunakan untuk kepentingan on farm.

“Produksi nasional kita 2,6 juta ton pertahun dalam keadaan normal. Dalam kondisi hujan atau banjir paling hanya 2,3 juta ton. Defisit 600- 700 ton hampir rutin setiap tahun. Makanya selisihnya itu impor gula untuk menutup defisit  sebaiknya dimanfaatkan untuk pabrikan-pabrikan gula konsumsi. Ini yang namanya impor sesuai dengan road map, bukan sekadar mencukupi,” ulasnya.

Baca Juga :  Paguyuban Sahabat Dangkel Bagikan Paket Sembako di Bulan Ramadhan 1445 H Untuk Masyarakat Miskin dan Kurang Mampu Hingga Anak Yatim di Sragen, Kades Purwosuman: Paguyuban Yang Kompak dan Solid Membantu Warga

Terkait upaya mengejar swasembada, komisinya dalam waktu dekat akan rapat dengan Menteri BUMN untuk membahas road map yang ditarget selesai tiga bulan ke depan. Road map lima tahun itu terkait hal-hal yang berkenaan untuk membereskan persoalan 46 PG sehingga produksi bisa meningkat.

“Yang penting jangan sampai kebijakan impor gula ini terus menerus dilakukan karena motif-motif pemburu rente yang selalu di depan sehingga mengabaikan target-target pencapaian swasembada gula,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro mengatakan road map yang ada saat ini nantinya akan disesuaikan kebijakan pemerintahan yang baru.

Ia mengakui saat ini kontribusi BUMN terhadap produksi gula nasional hanya 1,1 juta ton.

“Kita akan coba buat road map menyeluruh baik dari aspek tanamannya, pabriknya bagaimana. Pada waktunya nanti akan kita presentasikan. Karena mayoritas PG yang ada sebenarnya perlu revitalisasi karena umurnya sudah di atas 100 tahun semua,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com