JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gempa 7,1 M di Maluku Utara, BNPB Catat 36 Bangunan Rusak dan 3 Orang Luka

Gempa Maluku Utara, Kamis pukul 23.17 WIB. BMKG.GO.ID
   
Gempa Maluku Utara, Kamis pukul 23.17 WIB. BMKG.GO.ID

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gempa di Maluku Utara (Malut) berkekuatan 7,1 magnitudo pada Kamis (14/11/2019) menyebabkan sejumlah kerusakan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 36 bangunan rusak dan tiga orang luka ringan.

Kerusakan bangunan terjadi di Kota Ternate dan Kabupaten Minahasa. Sedangkan tiga orang luka dan 33 bangunan rusak terjadi di Kota Ternate, Maluku Utara.

“Korban dan kerusakan terjadi di Pulau Batang Dua dekat pusat gempa,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis hari ini, Sabtu, 16 November 2019.

Baca Juga :  Jika Tuduhan Pencatutan Nama Dosen Malaysia Terbukti, Pakar: Gelar Guru Besar Dekan FEB Unas Mestinya Dicopot

Tiga orang korban luka ringan adalah Delvi Peo, 18 tahun, Delfita Bunga dan Mesin Bunga (17). Sedangkan rincian bangunan rusak adalah 28 rumah warga, 3 gereja, 1 sekolah, 1 gedung bank.

Di Kabupaten Minahasa Tenggara, BNPB mendapati tiga bangunan rusak, yakni 1 gedung Kantor Badan Keuangan Daerah dan 2 unit rumah.

Baca Juga :  Tolak Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Pengamat: PDIP Harus Punya Calon Internal yang Kuat

Agus mengimbau masyarakat tetap tenang dan menerima informasi dari sumber yang resmi saja, yaitu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) atau dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“BPBD bekerja sama dengan TNI, Polri, dan dinas terkait. Relawan masih terus melakukan pendataan dan pemantauan di lapangan,” kata Agus tentang penanganan setelah gempa Maluku Utara.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com