JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Lho Daftar Penyakit Tidak Menular yang Kerap Menjangkiti Masyarakat Kekinian. Simak Pula Cara Mengendalikannya

Posbindu PTM di Purwantoro.
   
Posbindu PTM di Purwantoro.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga Purwantoro dan sekitarnya antusias mengikuti kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan pemeriksaan kesehatan gratis dalam rangka HKN ke 55 di halaman pasar Kecamatan Purwantoro, Jumat (9/11/2019).

Kegiatan yang digagas Puskesmas Purwantoro tersebut, di hadiri Camat Purwantoro Joko Susilo, Danramil 19/Purwantoro Kpt Inf Hengky Nurchayadi diwakili Batuud Serma Puji Arwandi, Kapolsek diwakiki Aiptu Kurniawan, Kepala Puskesmas 1 Purwantoro Warseno Ismunandar MM, kepala desa dan kelurahan di Purwantoro.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

Warseno Ismunandar mengatakan, Posbindu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi. Meliputi penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker. Serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

“Posbindu PTM adalah bentuk peran serta masyarakat dalam upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan pengendalian dini keberadaan faktor resiko penyakit tidak menular secara terpadu”, terang dia.

Baca Juga :  1 Meninggal Tenggelam di Embung Galmojo Sambiroto Pracimantoro Wonogiri

Waseno juga mengajak warga desa untuk senantiasa menjaga kesehatan, dengan olahraga yang teratur, pola makan yang teratur, tidak mengkonsumsi alkohol, menghindari rokok, dan memeriksakan kesehatan sejak dini.

Joko Susilo menjelaskan Posbindu merupakan rangkaian dari HKN ke-55. Kegiatan ini sangat positif karena dapat mengetahui kelemahan kita terhadap penyakit terutama penyakit yang tidak menular. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com