JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Ketua Apkasi Indonesia Minta Semua Daerah Promosikan Kuliner Andalannya. 106 Stan Kuliner Khas Berbagai Daerah Meriahkan Festival Kuliner 2019 di De Tjolomadoe Karanganyar

Foto/Wardoyo
   
Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seuruh Indonesia (Apkasi),  Abdullah Azwar Anas, meminta kepada seluruh jajaran Pemerintah kabupaten (Pemkab) untuk memberikan ruang dan mempromosikan sektor kuliner yang saat ini berkembang di masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Bupati Banyuwangi ini usai membukan festival kuliner yang berlangsung di De Tjolomadoe, Kamis (07/11/2019). Menurutnya,  sektor kuliner memiliki potensi yang perlu dikembangkan lagi. Dijelaskannya, selama ini sudah banyak yang mengembangkan kuliner. Satu di antaranya Kabupaten Karanganyar.

“Harapannya, festival ini menjadi cara mengkampanyekan produk lokal yang selama ini belum tertampung di warung-warung besar. Ini kan khas daerah. Ini potensi untuk  dikembangkan. Apalagi situasi perekonomian di mana investasi turun,yang paling tumbuh adalah sektor konsumsi,” katanya.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Dijelaskannya, wilayah Soloraya ini memiliki ke khasan yang luar biasa yang tidak sama dengan daerah lain. Dan  pemerintah, harus memberikan ruang bagi rakyatnya untuk mengembangkan kuliner.

“Solo raya merupakan salah satu wilayah yang memiliki kekhasan jika dibandingkan dengan wilayah lain. Di Solo Raya ini, sektor kuliner menjadi salah satu penunjang sektor wisata lain,” jelasnya.

Di sisi lain, festival kuliner akan diikuti sebanyak 106 stand kuliner dari beberapa kabupaten, lomba memasak kuliner berbahan daging kelinci juga memeriahkan FKN 2019 yang digelar di De Tjolomadoe Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar, mulai dari 7-10 November 2019.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Karanganyar selaku tuan rumah, menampilkan makanan khas, berupa kuliner berbahan dasar daging kelinci.Berbagaia aneka masakan bisa diolah dari kelinci ini. Seperti kebab, satai, gulai, tengkleng serta aneka masakan lainnya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan, selama ini kuliner daging kelinci sudah berkembang di Karanganyar, melalui ini semoga lebih populer lagi.

“Perlu dipromosikan lagi. Ini akan menghidupkan peternak kelinci, karena kebutuhan daging kelinci cukup besar dan belum bisa mencukupi  permintaan pasar,” terangnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com