JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Sempat Membara Kebakaran, Ekosistem Taman Gunung Merbabu Dipulihkan Dengan 30 Ekor Landak Jawa. Semua Dipasangi GPS, Diharap Selamatkan Ancaman Kepunahan

Pelepasliaran Landak Jawa hasil penangkaran LIPI di Taman Nasional Gunung Merbabu, Ampel, Boyolali, Selasa (12/11/2019). Insert: hewan landak yang dilepaskan. Foto/Wardoyo
   
Pelepasliaran Landak Jawa hasil penangkaran LIPI di Taman Nasional Gunung Merbabu, Ampel, Boyolali, Selasa (12/11/2019). Insert: hewan landak yang dilepaskan. Foto/Wardoyo

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 30 ekor satwa langka jenis Landak Jawa dipastikan bakal menambah keragaman ekosistem di Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) Jawa Tengah. Puluhan ekor landak itu juga diharapkan menjadi pelipur lara usai kebakaran yang sempat melanda areal hutan Lereng Merbabu pada musim kemarau beberapa waktu terakhir.

Puluhan hewan langka yang dilindungi Undang-Undang itu resmi dilepaskan ke  TNGMb oleh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Selasa (12/11/2019).

Puluhan lewan dengan kulit penuh duri itu dilakukan di dua lokasi yakni Boyolali dan Magelang. Dua lokasi itu dipilih setelah melalui kajian yang dilakukan peneliti dari LIPI dengan typologi habitat yang sesuai dengan kriteria tempat tumbuh landak.

Baca Juga :  Ayo Basmi Sarang Nyamuk! Korban Meninggal Akibat DBD di Boyolali Bertambah

Kepala Balai TNGMB,  Ir. Junita Parjanti didampingi Kasubag Tata Usaha, Johan Setiawan mengatakan areal pelepasan adalah kawasan Merbabu yang beberapa saat lalu terbakar hebat. Akibat kebakaran tersebut selain beragam tumbuhan, banyak satwa yang mati.

“Dengan program pelepasliaran landak ini diharapkan dapat merestorasi kembali anasir-anasir ekosistem Merbabu yang sempat terganggu karena kebakaran hutan kemarin. Lokasi pelepasan hari ini di Magelang dan Boyolali, tapi kita pusatkan yang utama di Boyolali,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (12/11/2019).

Sementara, Johan Setiawan menguraikan 30 ekor landak itu merupakan hasil penangkaran sekaligus riset yang dilakukan LIPI.

Lokasi pelepasan landak dipilih di areal jurang yang sangat jauh dari ladang atau pemukiman penduduk. Lokasi pelepasan ada 3 tempat yaitu atas daerah Ampel 2 lokasi dan 1 lokasi di atas Pakis, Magelang.

Baca Juga :  Jajaran Kejaksaan Negeri Boyolali Bagi-bagi Takjil ke Masyarakat

“Indukannya bersumber dari Gunung Merbabu dan Gunung Lawu. Umur landak yang dilepasliarkan sekitar dua tahunan. Landak sudah diberi semacam chips atau GPS sehingga nanti secara reguler LIPI akan memonitor keberadaan landak tersebut,” terang Johan.

Acara pelepas liaran dibuka oleh Kepala Pusat LIPI, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati(KKH) Ditjen KSDAE Kementerian LHK dan Kepala Balai TNGMb.

Indra Exploitasia, Direktur KKH mengatakan diharapkan pelepasliaran landak itu nantinya dapat memulihkan ekosistem Merbabu dan dapat melestarikan keberadaan jenis landak ini (Di Indonesia ada 4 jenis) dari kepunahan di alam. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com