JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo Ikuti Smart Children Camp

   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – banyak 162 siswa kelas IV dan V yang tergabung dalam kepanduan Hizbul Wathan Qabilah SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat, Solo mengadakan kegiatan perkemahan Smart Children Camp (SCC) 7 di Taman Nglorogrejo, Karanganom, Klaten, Jumat-Sabtu (1-2/11/2019).

Kegiatan ini mengangkat tema “Perkemahan Mengajariku Berani dan Teguh Hati”. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah menciptakan sikap disiplin, mandiri, dan tanggung jawab.

“Kegiatan ini merupakan program tahunan sekolah sebagai bagian dari pendidikan karakter kedisiplinan, kemandirian, dan rasa tanggung jawab,” kata ketua panitia kemah, Testa Nur Hardiyono.

Baca Juga :  Keluarkan SE THR untuk Ojol dan Kurir, Pemkot Solo: Sifatnya Imbauan, yang Memutuskan Aplikator

Selama perkemahan, peserta yang terbagi menjadi enam belas kuntum (regu) ini mengikuti beragam kegiatan yang dilombakan. Perlombaan tersebut meliputi, yel-yel, baris-berbaris, pengenalan tanaman obat keluarga, pentas seni dalam api unggun, dan ketangkasan saat wide game.

Salah seorang peserta kemah, Muhammad Alfa Rizky, mengaku senang dengan kegiatan ini karena merupakan pengalaman pertama mengikuti perkemahan. “Saya sangat senang saat saat kegiatan api unggun dan pentas seni,” ungkapnya.

Muhamad Arifin, selaku Wakasek Kesiswaan dan Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo mengungkapkan bahwa kegiatan kemah ini bersifat wajib bagi siswa kelas IV dan V sebagai upaya mendidik siswa supaya kuat fisik dan mentalnya.
“Selama enam tahun sekolah, para siswa diwajibkan mengikuti dua kali perkemahan saat kelas IV dan V,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gugatan Ganjar-Mahfud di MK, Anggap Suara Prabowo-Gibran 0 di Semua Daerah, Gibran: Mungkin Pak Ganjar Ngelawak

Arifin menggarisbawahi pentingnya penanaman karakter disiplin, mandiri, dan tanggung jawab sejak dini sebagai bekal menghadapi masa depan yang penuh tantangan. “Karakter tersebut merupakan soft skill yang harus dikuasai siswa kami sebagai antisipasi menghadapi masa depan,” imbuhnya.

Kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan sekaligus pengumuman para juara dan penyerahan piala sebagai bentuk apresiasi sekolah atas kerja keras para siswa. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com