JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Teater Amarta Pentaskan “Dualisme”

dok teater amarta
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Teater Amarta bakal mementaskan Dualisme, sebuah lakon diangkat dari teks Kakawin Sutasoma, metrum 1-28, Sabtu (23/11/2019).

Pertunjukan tersebut akan digelar sekitar pukul 19.00 WIB di Kelas Pagi Yogyakarta, Jalan Brigjen Katamso, Prawirodirjan Yogyakarta 55121.

Sebagaimana dikutip dalam rilis yang dikirimkan ke Joglosemarnews, pertunjukan itu mengangkat kisah tokoh Sutasoma sebagai inspirasi menggali gerak, visual serta musik sebagai refleksi bersama.

Pertunjukan tersebut mencoba  mengangkat kisah kelahiran dan perjalanan Sutasoma hingga mengenal si tokoh Suciloma melalui simbol-simbol gerak dan benda.

Baca Juga :  Mobil Ayla Tiba-tiba Oleng dan Seruduk Truk Fuso di Bantul, Begini Nasibnya

“Usai pertunjukan, nantinya pertunjukan itu akan dipamerkan  di Galeri Kelas Pagi Yogyakarta,” jelas Production Manager Teater Amarta, Nunung Deni Puspitasari dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Zulfian menjelaskan, teks tersebut dihadirkan untuk merespon kegelisahan masing-masing personal yang membaca keberagaman Identitas agama, ras dan budaya, yang kini justru digunakan sebagai pemicu konfloik sosial.

Alkisah, saat Negeri Hastina pimpinan Sri Mahaketu mengalami huru-hara, lahirlah Sutasoma yang menjadi pengantar kembalinya dunia yang indah. Akan tetapi, meski memiliki perangkat menjadi Raja, Sutasoma bersikeras menolaknya. Ia memutuskan melarikan diri dari istana untuk melakukan perjalanan menuju Sunyata.

Baca Juga :  Dua Orang Ini Resmi Jadi Buron Polres Bantul, Siapa yang Tahu Diimbau Lapor

Iatana pun akhirnya diliputikesedihan. Di sisi lain kedamaian merekah bak bunga teratai di tempat-tempat yang ia lalui. Kelahiran-kematian, baik-buruk, salah-benar, hitam-putih, tak henti menyapa.

Pertunjukan itu bersifat gratis bagi pengunjung. Pertunjukan tersebut melibatkan para pemain seperti Andy Wahyudi Tuangke, Arif Hanung TS, Helmi Fuadi, Nunung Deni Puspitasari dan Rizal Eka Arrohman. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com