JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

39,7 Persen Balita di Sragen Alami Stunting, Masuk 100 Daerah Prioritas Penanganan dari Pusat. Kecamatan Mondokan Paling Tinggi 

Ilustrasi stunting
   
Ilustrasi stunting

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Angka kasus gagal tumbuh atau stunting di Indonesia masih memprihatinkan. Dari data riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018, angka stunting di Sragen mencapai 39,7 persen.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Hargiyanto. Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM mengatakan jika mengacu pada Riskesdas, angka stunting di Sragen memang 39,7 persen.

Namun ia mengklaim dari hasil kroscek dengan menerjunkan petugas gizi ke lapangan, angka stunting mencapai 10,2 persen.

Baca Juga :  Media Sragen Terkini (MST HONGKONG), Grup Pertama yang Terdaftar di Kemenkumham dan Memiliki Anggota Terbanyak di Kota Sragen

“Kalau dipersentase dari total jumlah bayi, hanya 9,7 persen. Itu dihitung dari total jumlah bayi usia 1 sampai 5 tahun,” paparnya Minggu (1/12/2019).

Kroscek ulang dilakukan pada Agustus 2019 lalu. Menurutnya dengan angka itu, Sragen menjadi satu dari 100 locus penanganan stunting nasional.

“Nanti tahun depan, kita buat 10 desa penanganan stunting yang dibiayai dari DAK pusat, 10 desa dibayai dana desa. Jadi total ada 20 desa percontohan penanganan stunting,” terangnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Pembangunan Desa Toyogo Sragen, Blesscon Kucurkan Dana CSR

Hargiyanto mengklaim angka stunting di Sragen masih lebih rendah dari Solo yang mencapai 59 persen.

Ia menambahkan dari 20 kecamatan, angka stunting tertinggi berada di Kecamatan Mondokan. Kasus stunting di kecamatan bagian utara Sragen ini mencapai angka 22 persen dari total kasus yang ada di Sragen.

“Paling tinggi di Mondokan, ada 5 kelurahan atau desa di sana yang kasus stuntingnya tinggi,” tandasnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com