JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

6 Jam Jantung Wanita Ini Berhenti Berdetak. Tapi Berhasil Hidup Lagi!

   
Audrey Schoeman dengan anggota tim medis yang menyelamatkan hidupnya setelah jantung Audreay berhenti akibat hipotermia / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Perempuan Inggris ini mengalami sebuah keajaiban. Meski jantungnya sempat tidak berdetak selama enam jam karena hipotermia, namun ia berhasil ditolong dan hidup kembali.

Audrey Schoeman (34) nama wanita itu. Ia terjebak dalam badai salju ketika mendaki gunung Pyrenees di Spanyol pada 3 November 2019 bersama suaminya.

Suaminya, Rohan, langsung memanggil layanan darurat ketika jantung Audrey berhenti berdetak, menurut pernyataan Vall d’Hebron Hospital di Barcelona.

“Saya pikir dia sudah meninggal,” kata Rohan. “Saya berusaha merasakan detak jantung … saya tidak bisa merasakan napasnya, saya tidak bisa merasakan detak jantung.”

Schoeman dibawa ke Vall d’Hebron, di mana dokter Jordi Riera adalah bagian dari tim yang merawatnya.

Riera mengatakan bahwa otak manusia biasanya mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki jika jantung berhenti berdetak selama lima menit, dan Schoeman merupakan kasus yang sangat jarang terjadi.

“Apa yang terjadi padanya adalah konsekuensi dari penurunan suhu tubuh,” kata Riera.

Riera menjelaskan bahwa Schoeman selamat dengan hasil neurologis yang sempurna karena penurunan suhu tubuh yang ekstrem yang menghentikan jantungnya juga memperlambat metabolisme otaknya, memungkinkan organ untuk mengatasi lebih baik dengan kekurangan oksigen.

Suhu tubuh Schoeman turun hingga 18 derajat Celcius atau jauh lebih rendah dari normal 36,5 – 37,5 derajat Celsius. Tim rumah sakit menggunakan mesin oksigenasi membran ekstrakorporeal (ECMO) untuk menjaga dia hidup.

ECMO menggantikan fungsi jantung dan paru-paru, memungkinkan dokter untuk mengoksigenasi darah Schoeman dan memompanya ke seluruh tubuh.

Riera, yang merupakan direktur medis dari program ECMO di Vall d’Hebron, mengatakan tubuhnya perlahan-lahan menghangat dan mereka dapat jantungnya berdetak lagi setelah enam jam.

“Dia bangun dan bertanya: ‘Apa yang aku lakukan di sini?'” Kata Riera.

Schoeman menderita sedikit kehilangan sensitivitas di tangannya, tetapi akan pulih sepenuhnya, kata Riera.

Dia akan kembali bekerja pada hari Senin, tambahnya, lebih dari sebulan setelah kejadian. “Sebagai seorang ilmuwan saya tidak suka kata itu tapi itu seperti keajaiban,” kata Riera.

Schoeman mengucapkan terima kasih kepada tim medis dan mengatakan kepada TV3, televisi lokal Spanyol, bahwa dia ingin melanjutkan hidupnya seperti biasa.

“Ini seperti keajaiban kecuali saya pikir itu semua karena dokter,” katanya setelah sadar jantungnya berhenti berdetak enam jam.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com