JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Bencana Longsor Landa Nglegok Ngargoyoso Karanganyar, Satu Rumah Rusak Diterjang Material. Dua Keluarga Terpaksa Mengungsi

Kondisi bukit di Nglegok, Ngargoyoso, Karanganyar yang longsor dan menimpa rumah warga, Senin (23/12/2019). Foto/Wardoyo
   
Kondisi bukit di Nglegok, Ngargoyoso, Karanganyar yang longsor dan menimpa rumah warga, Senin (23/12/2019). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Hujan deras yang disertai dengan angin kencang yang melanda kecamatan Ngargoyoso, Senin (23/12/2019) dinihari, mengakibatkan tebing setinggi lebih dari tiga meter ambrol dan longsor.

Akibat kejadian itu, rumah milik Nur Kholif, warga Dusun Dederan Rt 02, Rw 05, Desa Nglegok, Kecamatan Ngargoyoso, mengalami rusak diterjang longsoran material.

Selain itu, rumah milik Warso berpotensi ikut longsor karena hanya berjarak 4 meter dari bibir tebing. Akibat longsoran tebing tersebut, 2 keluarga terpaksa harus mengungsi ke rumah tetangga yang lebih aman.

Baca Juga :  Bencana Tanah Longsor di Sumber Nguneng Puhpelem Wonogiri, Lokasi Terus Dimonitor

Pelaksana tugas (Plt) Camat Ngargoyoso Heru Joko, Senin (23/12/2019) mengatakan longsor tersebut baru pertama kali terjadi di desa Nglegok.

Menurutnya, titik tersebut tidak  termasuk daerah  yang diperkirakan akan terjadi longsor. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah terdampak longsor untuk tetap waspada dan mengutamakan keselamatan hingga dinyatakan aman.

“Sementara kita pantau karena dampaknya bisa meluas, sementara untuk warga di wilayah terdampak longsoran kita himbau untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman, ” ujarnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Karanganyar Bambang Djatmiko, menyatakan telah membuat posko pemantauan di sekitar lokasi tanah longsor.

Baca Juga :  Longsor Parang Bangun Kecamatan Munjungan Trenggalek, Jalanan Tertutup Material Tanah

“Kita juga berkoordinasi dengan dinas sosial dan basnaz Karanganyar untuk menyiapkan ketersediaan logistik bagi warga terdampak longsor,” ungkapnya.

Ditambahkannya, berdasarkan arahan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Karanganyar yang telah meninjau lokasi, pihaknya akan memperbaiki saluran drainase yang berada di atas tebing.

“Kami akan mengerahkan warga dan relawan untuk kerja bakti setelah kondisi dinyatakan aman. Melihat konturnya, perlu adanya relokasi,” ujarnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com