JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Berita Online Wonogiri Terkini. Hebat, Total Aset Program Dana Bergulir BKAD Wonogiri Naik Drastis Dari 44 M Menjadi 127 M, Begini Penjelasannya

Ilustrasi uang palsu. Foto: JSNews
   
Ilustrasi | JOGLOSEMARNEWS.COM

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Program dana bergulir yang dulu dikelola UPK PNPM di Wonogiri hingga kini masih terus berjalan. Bahkan total asetnya melonjak drastis.

Awalnya program tersebut memiliki aset Rp 44.395.589.815. Setelah PMPM tidak dilanjutkan dana masih dikelola hingga sekarang dan sudah berkembang menjadi Rp 127.133.522.404.

“Programnya masih sama yakni mengelola dana bergulir,” papar Ketua Asosiasi UPK eks PNPM Wonogiri Agus Hartanto, Senin (2/12/2019).

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Putra Manyaran Cup XVI 2024, Diikuti 45 Klub Catat Tanggal Mainnya

Paska dibubarkan oleh pemerintah di 2014 silam, kelembagaan dikelola oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) namun pelaksanaannya tetap di bawah kendali UPK. Program dana bergulir itu masih berkembang di 23 kecamatan se-Wonogiri.

Dia membeberkan, dalam satu tahun dari hasil pengelolaan dana bergulir tersebut ada dana surplus. Dana surplus tersebut diambil sebesar 15 persen dari keuntungan pertahun. Dana surplus yang dikelola untuk tahun ini sebesar Rp 2.682.140.091.

Baca Juga :  Halalbihalal dan Sambut Semangat Baru Menuju Satuan Pendidikan yang Membahana

“Dana surplus ini nanti disalurkan untuk masyarakat sesuai program pemerintah daerah seperti CSR. Misalnya bedah RTLH, pemasangan instalasi listrik, jambanisasi, dan lainnya,” ujar dia. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com