JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Format UN Diubah, Kelulusan Siswa Dikembalikan ke Sekolah

   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Sejak perubahan format Ujian Nasional (UN) dilakukan tahun 2021 mendatang, sekolah mendapat kewenangan penuh untuk meluluskan siswanya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan, kelulusan siswa akan menjadi kewenangan sekolah.

“Kelulusan kami serahkan ke sekolah,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga dalam diskusi Polemik bertajuk “Merdeka Belajar Merdeka UN” di Hotel wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12/2019).

Hadir pula sebagai narasumber anggota Komisi Pendidikan DPR dari PDIP Putra Nababan, Dekan Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) Muhammad Iqbal, Ketua PB PGRI Didi Supriaji, serta CEO Aku Pintar Lutvianto Pebri Handoko. 

Ade menerangkan salah satu kebijakan Kemdikbud yang mengembalikan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ke sekolah bisa menjadi upaya guru untuk menentukan target kurikulum. Hal tersebut sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019.

“(Kelulusan) Anak itu tidak ditentukan hanya pada satu atau beberapa mata pelajaran. Tapi di situ dia bisa ditentukan guru. Guru bisa kasih assigntment, portofolio, tugas, dan berbagai macam.”

Ade lantas menegaskan bahwa ketika penentuan kelulusan dikembalikan ke sekolah, keragaman kemampuan (multiple intelligences) siswa akan meningkat. Ketika terjun ke dunia kerja, siswa bisa menjadi seorang pebisnis hingga kreator.

Menurut dia, saat ini siswa dinyatakan pintar kalau pandai matematika. Sistem baru ini menjadi evaluasi bagi dunia pendidikan nasional, yakni masyarakat harus merdeka, otonom, dan inovatif.

“Luar biasa itu keragamannya. Itu sebenarnya gagasan Mas Menteri (Nadiem Makarim),” ucap Ade.

www.tempo.co

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com