JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Ganjar Akhirnya Ungkap Rahasia di Balik Situasi Jateng Yang Selalu Kondusif

Gubernur Jateng dan Wapres Maruf Amin. Foto/Humas jateng
   

SEMARANG, JOGLOSEM

Gubernur Jateng dan Wapres Maruf Amin. Foto/Humas jateng

ARNEWS.COM – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membeberkan rahasia di balik kondusivitas Jawa Tengah kepada Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.

Menurut Ganjar, kondusivitas Jawa Tengah terbentuk karena antara ulama dan umaro dapat bersinergi dengan baik.

Hal itu disampaikan Ganjar kepada Ma’ruf saat memberikan sambutan dalam acara Musyawarah Bersama MUI, DMI, BWI, IPHI dan Baznas Provinsi Jawa Tengah, di gedung Grhadhika Bhakti Praja, kompleks kantor Gubernur Jateng, Jumat (13/12/2019).

“Setiap ada persoalan di Jawa Tengah, saya selalu meminta pendapat dari alim ulama. Tidak hanya persoalan sosial, namun juga politik, idiologi termasuk ekonomi,” kata Ganjar.

Eratnya hubungan ulama dan umaro di Jateng, lanjut gubernur, mampu memberikan kedamaian pada masyarakat. Apabila ada masalah, semua duduk bersama mencari solusi.

“Biasanya ditemani kopi dan pisang goreng, jadi keluar dari musyawarah dengan suasana bahagia. Semua bisa lapang dada,” tambahnya.

Baca Juga :  Gugatan Ganjar-Mahfud di MK, Anggap Suara Prabowo-Gibran 0 di Semua Daerah, Gibran: Mungkin Pak Ganjar Ngelawak

Tak hanya untuk menyelesaikan masalah, dalam pengambilan keputusan dan kebijakan politik, Ganjar selalu melibatkan ulama, romo, kiai dan tokoh agama lainnya. Pendapat dan masukan dari para ulama tersebut selalu didengarkan, untuk kemudian digunakan sebagai pijakan pengambilan keputusan.

“Biar tidak keliru, kami selalu meminta pendapat ulama, setelah ada masukan, kami tinggal ketok saja. Ya meskipun tidak terlalu sempurna, tapi minimal tidak membuat perpecahan,” tegas mantan anggota DPR RI ini.

Pihaknya juga memperkuat sinergitas dengan ulama sebagai upaya mengatasi persoalan kemiskinan. Melalui program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), berbagai persoalan kemiskinan di Jateng dapat teratasi dengan baik.

“Baznas di Jateng berkembang dahsyat, berbagai problem sosial masyarakat yang tidak dapat diselesaikan dengan pembiayaan negara, kami selesaikan dengan Baznas. Tidak hanya memberikan bantuan, namun Baznas sekarang didorong untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pembinaan dan pelatihan,” tandasnya.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

Keberhasilan Ganjar bersinergi dengan ulama untuk menyelesaikan berbagai persoalan di Jawa Tengah mendapat apresiasi dari Ma’ruf Amin. Menurut Wapres, sinergi antara ulama dan umaro penting sebagai cara menyejahterakan masyarakat.

“Saya percaya Pak Ganjar ini gubernur yang pandai berkomunikasi. Saya yakin, di bawah kepemimpinan pak Ganjar, kekuatan umat di Jawa Tengah dapat dioptimalkan,” tegasnya.

Ma’ruf juga mengapresiasi kinerja Pemprov Jateng dalam optimalisasi zakat, infaq dan sedekah. Menurutnya, hal itu belum dioptimalkan oleh daerah-daerah lain di Indonesia.

“Zakat kita sekarang baru 3,5 persen dari potensi zakat nasional yang kalau dihitung mencapai Rp 230 triliun. Sekarang yang sudah dipungut itu baru sekitar Rp8 triliun. Jadi memang harus digenjot agar persoalan umat dapat segera selesai,” pungkasnya. JSnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com