JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Tumbuh-Tumbuhan Berkhasiat yang Disebut dalam Alquran

   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Berbagai macam tumbuhan hidup di dunia ini, ada yang telah terungkap khasiat dan manfaatnya. Tetapi banyak juga yang belum diketahui fungsi dan khasiatnya.

Allah SWT menciptakan segala sesuatu tidak pernah sia-sia, tak terkecuali tanaman (QS al-An’am: 99).

Berbagai upaya dilakukan para ilmuwan, termasuk para cendekiawan Muslim untuk menguak rahasia tananaman itu. Salah satu pakar botani Muslim Abad Pertengahan ternama adalah ad-Dinawari (828-896 M) melalui bukunya berjudul an-Nabat. Berikut ini, beberapa tanaman berkhasiat yang pernah disebutkan dalam Alquran:

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Kurma

Alquran menyebutkan tanaman ini hingga 20 kali. Kurma kering bisa menguatkan sel-sel usus dan membantu melancarkan saluran kencing, kurma basah berguna mencegah terjadinya pendarahan pada perempuaan saat melahirkan, pencegah stroke. Mengonsumsi tujuh kurma bisa menangkal sihir dan racun. (HR Bukhari-Muslim).

Jahe

Tanaman obat dan berkhasiat lainnya yang diabadikan Alquran adalah jahe QS surah al-Insan: 17. “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.” Jahe berfungsi untuk mengembalikan metabolisme tubuh, memberikan efek kehangatan, penangkal masuk angin dan lainnya. Abu Nu’aim dalam ath-Thibb an-Nabawi, Rasulullah SAW sangat suka mendapatkan hadiah satu bejana jahe dari Raja Romawi.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Tin

Selain zaitun, demi buah tin inilah Allah SWT bersumpah, sebagaimana termaktub pada surah at-Tiin ayat 1 dan 2. Tin ternyata mengandung kalium, omega 3 dan 6, fenol dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga serangan jantung koroner. Selain juga kandungan serat makanan yang cocok dan disarangkan untuk diet.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com