JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pengamat Sebut Nama Besar Presiden Jokowi Jadi Magnet untuk Gibran dan Bobby Nasution

   
Gibran Rakabuming Raka bersama pemilik kedai teh “Jan Es Teh”, Jumat (6/12/2019). Istimewa. Triawati

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka berencana mendaftarakan sebagai bakal calon (Bacalon) Walikota Solo melalui PDIP Jateng pada, Kamis (12/12/2019) mendatang.

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai nama besar presiden bisa menjadi magnet bagi Gibran. Kondisi yang sama juga berlaku bagi menantu Jokowi, Bobby Nasution yang juga mencalonkan diri sebagai Wali Kota Medan.

“Nama besar presiden Jokowi bisa menjadi gaya magnet elektoral tersendiri yang memuluskan langkah Gibran dan Bobby Nasution menjadi kepala daerah,” kata Pangi dalam pesan tertulis kepada Republika.co.id, Sabtu (7/12/2019).

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

Pangi berujar, sejauh ini citra Jokowi masih bagus di masyarakat. Sehingga hal ini pun menurutnya menjadi point tambahan bagi Gibran maupun Bobby.

Apalagi terang Pangi, pemilih rasional di Indonesia masih sedikit jumlahnya bila dibandingkan dengan pemilih sosiologis. Sehingga commonsense tidak terlalu besar efeknya ketimbang faktor lainnya.

“Perilaku pemilih kita selama ini masih sangat bergantung kepada tokoh sentral dan pengaruh figur tertentu, endorse Pak Jokowi sangat membantu Gibran menjadi kepala daerah Solo,” kata dia.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka dipastikan akan mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo lewat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Tengah (Jateng), Kamis (12/12/2019) mendatang. Relawan Kancane Gibran Gaes (Kagege) Antonius Yogo Prabowo mengungkapkan, dia bersama 28 organisasi pendukung Gibran lainnya akan mengawal proses pendafataran tersebut Gibran ke DPD PDI Perjuangan.

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

“Kami akan memastikan seluruh syarat administratif yang disyaratkan telah dilengkapi. Kemarin kita koordinasi akan mendaftar di DPD Jawa Tengah Semarang di hari terakhir atau tanggal 12 Desember 2019. Persiapan administrasi yang dibutuhkan mas Gibran sudah siap. Kami akan ikut ke sana (Semarang),” terangnya.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com