JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Unisri Lakukan Edukasi Pengurangan Penggunaan Plastik

   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pusat Studi Lingkungan Kependudukan dan Pengembangan Wilayah (PSLKPW) Unisri menggelar workshop Pengurangan Penggunaan Plastik bagi PKK Kelurahan Tegalharjo, Kecamatan Jebres,  Surakarta, Jumat (13/12/2019).

Workshop diikuti oleh 40 ibu-ibu anggota PKK perwakilan RT/RW. Ketua PSLKPW, Dorothea Ririn Indriastuti menekankan perlunya kepedulian masyarakat terhadap limbah plastik dan penggunaan plastik sekali pakai.

Pasalnya, hal itu akan berdampak terhadap pencemaran lingkungan yang sulit diurai oleh bakteri.

Baca Juga :  Ribuan Kaum Muslimin Laksanakan Salat Idul fitri 1445 H di Halaman Edutorium UMS

“Masyarakat perlu diajak mengurangi penggunaan plastik. Bila belanja di pasar hendaknya membawa tas belanja sendiri,” ujarnya, sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Selain itu juga disarankan untuk mengurangi pembungkus makanan dan minuman kemasan plastik. Lebih baik menggunakan alat makan dan tempat minum yg bisa dipakai berulang.

Sasaran workshop adalah para ibu, sehingga mereka diharapkan dapat memberi contoh bagi keluarga dalam langkah pengurangan penggunaan plastik. 

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

Ketua PKK Kelurahan Tegalharjo, Marminingsih Senen, menyambut baik kegiatan tersebut dan menghimbau agar dalam pertemuan PKK baik di RT, RW dan kelurahan, para ibu wajib membawa minuman sendiri dari rumah sehingga tidak ada lagi air kemasan plastik dalam snack rapat.

“Ini adalah langkah kecil yang cukup bagus untuk pengurangan penggunaan plastik di masyarakat,” ujarnya. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com