JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UNS Gelar Sosialisasi SNMPTN, UTBK dan SBMPTN Kepada SMA/MA/SMK se-Soloraya

UNS) Surakarta menggelar Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 di Auditorium G.P.H Haryo Mataram UNS, Sabtu (30/11/2019). Humas UNS
   
UNS) Surakarta menggelar Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 di Auditorium G.P.H Haryo Mataram UNS, Sabtu (30/11/2019). Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 di Auditorium G.P.H Haryo Mataram UNS, Sabtu (30/11/2019). Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah dan Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA/MA/SMK se-Soloraya yang berjumlah sekitar 600 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus mengatakan, UNS pada tahun 2020 membuka kesempatan bagi para lulusan sekolah menengah tingkat atas untuk mengikuti seleksi mahasiwa baru baik untuk program sarjana maupun program vokasi.

“Pada tahun 2020 ini UNS akan membuka kuota mahasiswa baru sebanyak 6.706 untuk Sarjana dan 1.835 untuk Vokasi. Tersedia 66 Program Studi (Prodi) Sarjana dan 26 Prodi Vokasi yang dapat dipilih,” terang Prof. Yunus di sela-sela acara.

Baca Juga :  Gugatan Ganjar-Mahfud di MK, Anggap Suara Prabowo-Gibran 0 di Semua Daerah, Gibran: Mungkin Pak Ganjar Ngelawak

Seperti pada tahun sebelumnya, UNS membuka tiga jalur masuk baik untuk Sarjana maupun Vokasi. Untuk program Sarjana dibuka jalur SNMPTN yaitu seleksi berdasarkan nilai akademik dan nilai prestasi non-akademik.

Untuk jadwal pelaksanaan SNMPTN yaitu registrasi akun LTMPT pada 2 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020, pengisian PDSS 13 Januari hingga 6 Februari 2020, pemeringkatan oleh sekolah pada 13 Januari -6 Februari 2020, pengumuman siswa yang eligible mendaftar SNMPTN pada 13 Januari- 6 Februari 2020, pendaftaran SNMPTN pada 11-25 Februari dan pengumuman hasil SNMPTN 4 April 2020.

Kemudian jalur SBMPTN yaitu seleksi berdasarkan nilai UTBK. Pendaftaran UTBK 2020 digelar pada 30 Maret hingga 11 April dan pelaksanaan UTBK pada 20 hingga 26 April serta pengumuman hasil UTBK 12 Mei 2020.

Baca Juga :  Boneka Jokowi Dibakar Pendemo di Kota Solo, Tuntut Pemakzulan Presiden

Lalu pendaftaran SBMPTN pada 2 – 13 Juni dan pengumuman hasil SBMPTN 30 Juni 2020. Kemudian Seleksi Mandiri UNS, yaitu seleksi berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC).

Sedangkan untuk program Vokasi dibuka jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK), yaitu seleksi berdasarkan nilai akademik dan nilai prestasi non-akademik. Lalu seleksi melalui Ujian Masuk Diploma (UMD) yaitu seleksi berdasarkan nilai ujian tulis yang dilaksanakan UNS dan Seleksi Mandiri UNS, yaitu seleksi berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC).

“Syarat dan ketentuan seleksi dapat dilihat di https://spmb.uns.ac.id,” ujar Prof. Yunus, dalam rilis yang diterima Joglosemarnews.con, Selasa (3/12/2019). Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com