JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Viral Video Balita Sedang Tidur Pulas Dibangunkan Paksa Demi Ulang Tahun, Netizen Berkomentar Negatif, Ini Kata Dokter

   
Orang tua membangunkan anaknya yang sedang tertidur lelap demi membuat konten perayaan satu tahun ulang tahun. Twitter via Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Viral video seorang Balita dibangunkan paksa oleh orang tuanya saat tidur pulas demi kejutan ulang tahun. Video viral tersebut diunggah oleh akun akun twitter @ikramarki.

Dalam tayangan berdurasi 70 detik, terlihat sang bayi sedang tidur pulas, tiba-tiba orang tua membangunkan anaknya demi merayakan hari ulang tahun sang buah hati.

Cara kedua orang tua itu pun membangunkan si kecil pun terlihat berbeda. Bukan dengan menepuk-nepuk lembut balita yang sedang tidur pulas, atau menciumnya, namun kedua orang dewasa itu membangunkannya dengan mengguncang-guncangkan badan si anak. Sang bayi akhirnya bangun dengan keadaan kaget sehingga menangis dengan lantang. “Selamat ulang tahun, Alula,” tulis akun itu pada pada (8/12/2019).

Netizen yang mengetahui hal ini pun langsung berkomentar dan menanggapi dengan negatif. Bahkan, penyanyi dan content creator Anji Manji pun angkat bicara. “Gue terlalu serius mungkin, karena ini konten buat lo. Tapi kasian…,” tulisnya.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

Dokter spesialis anak Lucia Nauli Simbolon setuju dengan kebanyakan komentar negatif netizen. Lucia mengatakan bahwa apa yang dilakukan orang tua itu kurang tepat. Menurut Lucia alangkah baiknya bila hanya demi menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun, si anak tidak perlu dibangunkan saat tidur lelap. Alasan pertama, bangunnya si anak di waktu yang tidak tepat akan berpengaruh pada siklus tidurnya.

Pada balita, Lucia menjelaskan bahwa mereka sedang dalam proses perkembangan pada waktu tidur. “Kalau anak sudah tidur pulas di jam yang tepat, membangunkannya di tengah malam justru bisa mengganggu penyempurnaan waktu tidur tersebut,” katanya saat dihubungi Tempo.co pada Senin, 9 Desember 2019.

Baca Juga :  Peluang Pertemuan Prabowo-Mega Lebih Besar Ketimbang Jokowi-Mega

Tumbuh kembang anak juga akan sangat berpengaruh jika dibangunkan pada malam hari. Lucia menjelaskan bahwa hormon pertumbuhan (growth hormone) puncaknya terjadi pada pukul 23.00-02.00. “Saat dibangunkan pada kisaran waktu tersebut, tumbuh kembang akan terganggu. Misalnya postur tubuh dan kemampuan berpikirnya menjadi kurang tinggi,” katanya.

Oleh karena itu, Lucia pun mengingatkan agar orang tua selalu memperhatikan waktu tidur balita. Menurutnya membangunkan balita di tengah malam demi merayakan ulang tahun adalah hal percuma. “Balita tidak akan ingat apa-apa. Lebih baik saat pagi hari atau saat anak sudah segar saja kalau mau beri kejutan,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com