JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Adopsi Gandeng Gapura Digital Solo Gelar Workshop Digital Marketing

Suasana workshop digital marketing di Gedung E PBS, FKIP UNS, Senin (20/1/2019) / dwi hastuti
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan kompetensi softskill di  bidang kewirausahaan, Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (Adopsi) bekerja sama dengan Google Indonesia melalui Gapura Digital Solo menggelar workshop digital marketing di Gedung E PBS, FKIP UNS, Senin (20/1/2019).

Workshop diikuti sekitar 60 peserta, terdiri dari dosen dan mahasiswa PBSI Jateng dan DIY, serta 12 UMKM dari Plupuh, Sragen, binaan Lembaga Literasi Arfuzh Ratulisa.

Ketua Adopsi, Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum menjelaskan, Adopsi berupaya meningkatkan kapasitas kompetensi hardskill dan softskill.

Selain itu, workshop itu bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang kewirausahaan agar bisa menjadi wirausahawan kreatif dan inovatif melalui digital marketing.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

“Harapan saya kegiatan ini  bisa menjadi start up untuk para generasi muda bisa mengembangkan sayapnya,” tutur Rohmadi.

Kolaborasi dengan Gapura Digital Solo itu diharapkan mampu memberikan isnpirasi dan mimpi bagi seluruh generasi muda maupun keluarga Adopsi. Hal itu menjadi bagian penting yang harus dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman.

Maka, ujar Rohmadi, di era teknologi industri 4.0, keluarga Adopsi berusaha melihat berbagai aspek peluang dan tantangan, di mana tidak hanya berkutat dalam aspek bahasa, sastra dan budaya semata.

Tiga aspek tersebut, menurut Rohmadi, harus dimanfaatkan dengan baik. Yakni bagaimana bahasa bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan personal branding pada produk-produk yang dihasilkan.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Dalam workshop tersebut, peserta mendapat uraian materi dan praktik secara langsung.

Peserta dipandu oleh mentor dari Tim Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Berbasis Digital (Gapura Digital) wilayah Solo, Ardan dan Windi Intan.

Keduanya memaparkan materi mengenai perkembangan bisnis digital serta panduan optimalisasi bisnis dengan memanfaatkan fasilitas Google Bisnisku.

Google Bisnisku sendiri merupakan aplikasi open source yang bisa digunakan untuk mengelola keberadaan bisnis di Google Search dan Maps.

Mahasiswa pun antusias dengan digelarnya workshop digital marketing tersebut.

“Seneng banget, pengen ikutan lagi. Materinya usefull banget dan menarik,” ujar Rosantika (19) salah satu mahasiswa yang mengikuti workshop. dwi hastuti

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com