JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Apakah Saat Mengisi Bensin Motor Perlu Digoyang-goyang? Ini Penjelasannya

Antrian pengendara motor di SPBU Pokoh Wonogiri. Aris A
   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Bahan bakar(BBM) merupakan sesuatu yang sangat vital bagi kendaraan bermotor, karena tanpa BBM mesin kendaraan tidak akan bisa dinyalakan. Saat berada di StPBU, sering kali kita menjumpai hal yang unik, yaitu orang menggoyang-goyangkan tangki bensinnya.

Mereka mengira bahwa dengan menggoyang-goyangkan tangki bensin maka bisa memuat BBM lebih banyak. Apakah hal tersebut benar?

Seperti yang dikutip dari instagram @suzukiindonesia menyebutkan bahwa bagian dalam tangki merupakan satu ruangan. Bukan berupa beberapa ruangan yang diberi partisi-partisi dan saling terhubung.

Apalagi bensin merupakan zat cair yang memiliki sifat yaitu mengisi ruang kosong yang posisinya lebih rendah. Jadi tidak ada hubungannya antara aktivitas mengguncang-guncang kendaraan dengan kapasitas bensin lebih banyak.

Pengisian bensin disarankan paling maksimal hingga permukaan bensin menyentuh bagian filler neck. Sebaiknya jangan melebihi batas tersebut.

Apabila melebihi batas tersebut, bensin akan keluar melalui saluran overflow dan akan beresiko terjadi kebakaran jika bensin tersebut jatuh pada area yang panas.

Selain itu, pemilik kendaraan disarankan menggunakan bensin yang masih ‘segar’ saat mengisi tangki. Hindari bensin tercemar oleh kotoran, debu, air atau cairan lainnya saat melakukan pengisian bensin.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com