JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Awas Bencana Mengintai, Kapolres Karanganyar Minta Personel Siaga 24 Jam. Siapkan Posko di Tiap Kecamatan

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi saat memimpin apel perlengkapan SAR. Foto/Wardoyo
   
Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi saat memimpin apel perlengkapan SAR. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Tingginya kerawanan bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung di Karanganyar, membuat jajaran setempat mulai siaga.

Memasuki musim penghujan di awal 2020 ini, sejumlah unsur mulai menggelar apel dan pengecekan perlengkapan SAR.

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, memimpin langsung pengecekan perlengkapan dan peralatan Tim SAR yang dimiliki Jumat (03/01/2020).

Pengecekan peralatan pemeriksaan perlengkapan penanggulangan bencana alam ini, sebagai langkah persiapan tim penanggulangan bencana alam di Kabupaten Karanganyar.

Kapolres menjelaskan selain persiapan peralatan, para personil yang dimiliki sebagai tim siaga bencana ini akan bergabung dengan tim siaga bencana bersama instansi lain, jika terjadi bencana alam.

Baca Juga :  Bencana Tanah Longsor di Sumber Nguneng Puhpelem Wonogiri, Lokasi Terus Dimonitor

Menurut Kapolres, di tingkat kecamatan, pihaknya telah mendirikan posko siaga bencana. Sedangkan di tingkat kabupaten, bersama TNI dan Pemkab Karanganyar menidirikan pos terpadu yang berada di Makodim 0727.

Posko itu dibentuk untuk mempermudah pergerakan para anggota yang akan menuju titik bencana.

“Saat ini memasuki musim penghujan. Kita harus mempersiapkan. Salah satunya dengan melakukan penegecekan terhadap peralatan dan para personil yang nantinya akan dierjunkan kelokasi bencana. Hal ini merupakan salah satu bentuk kesiapan dan ketanggapan Polres Karanganyar, dalam memberikan bantuan penyelamatan, pencarian, dan evakuasi korban bencana alam pada tahap darurat dan pasca bencana,” terang Kapolres.

Baca Juga :  Bencana Tanah Longsor di Sumber Nguneng Puhpelem Wonogiri, Lokasi Terus Dimonitor

Ditambahkan, pihaknya menyiagakan personel gabungan tersebut selama 1×24 jam, dilengkapi peralatan Search and Resque, seperti perahu karet, pelampung, helm, dayung, gergaji mesin, tambang, sekop, senter, sepatu boots hingga anjing pelacak.

“Yang jelas kita siaga dua puluh emat jam. Jika terjadi bencana, baik tanah longsor maupun banjir, seluruh anggota siap diterjunkan,” tandas Kapolres. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com