JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Heboh Sumur Tua di Kalijambe Sragen Mendadak Ambles Sedalam 25 Meter. Munculkan Lubang Menganga Berdiameter 2,5 Meter

Tim PMI Sragen saat mengecek kondisi sumur warga Sambirembe, Kalijambe, Sragen yang mendadak ambles sedalam 25 meter, Rabu (15/1/2020). Foto/Wardoyo
   
Tim PMI Sragen saat mengecek kondisi sumur warga Sambirembe, Kalijambe, Sragen yang mendadak ambles sedalam 25 meter, Rabu (15/1/2020). Foto/Wardoyo

KALIJAMBE, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Warga di Desa Sambirembe, Kalijambe, Sragen digegerkan dengan fenomena sumur amble di desa setempat, Rabu (15/1/2020).

Sumur gali milik salah satu warga, Tarman (54) di Dukuh Kaliwuluh RT 13, Desa Sambirembe, Kalijambe, Sragen, dilaporkan mendadak amblas sedalam.hampir 25 meter.

Amblesnya bangunan sumur yang berlokasi di belakang rumah Tarman itu kemudian memunculkan lubang menganga berdiameter 2,5 meter akibat seluruh bangunan sumur hilang ke bumi.

Menurut keterangan Tarman kepada wartawan, amblesnya sumur itu sebenarnya sudah terjadi Jumat (10/1/2020) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Saat kejadian, dirinya sedang berada di Jakarta. Di rumah hanya ada istrinya, Warti. Setelah menerima laporan dari sang istri, ia langsung bergegas pulang untuk melakukan pengecekan dan memastikan apa yang terjadi.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Sumur ini usianya sudah lebih dari 30 tahun. Biasanya juga untuk kebutuhan sehari-hari. Kemarin kebetulan pas kejadian saya di Jakarta, begitu dapat kabar, langsung pulang,” paparnya, Rabu (15/1/2020).

Diduga, bangunan sumur tua itu ambles akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur. Menurutnya, sebelum kejadian, wilayah Kalijambe memang diguyur hujan lebat hingga malam hari.

Sementara menurut keterangan Warti (41) istri Tarman, kejadian amblesnya sumur terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Saat itu dirinya dikejutkan dengan suara gemuruh dari arah belakang rumah.

Setelah dicek, ternyata bangunan sumur yang sebelumnya berada di atas, sudah hilang ambles ke bumi.

“Karena amblesnya dalam, saya langsung teriak dan lapor ke warga lain,” tuturnya.

Baca Juga :  Polda Jateng Gunakan Helikopter Untuk Pengecekan Persiapan Mudik Lebaran 2024 Dan Mendarat di Polres Sragen Cek Kesiapan Anggota

Kejadian itu langsung mendapat respon dari unsur terkait. Bersamaan dengan mencuatnya fenomena itu yang diunggah di media sosial, tim dari PMI Sragen bersama BPBD langsung mengecek lokasi kejadian untuk memastikan kondisi sumur.

Kepala Markas PMI Sragen, Wahdadi mengungkapkan dari hasil pengecekan di lapangan, bangunan sumur runtuh dikarenakan pondasi sumur bagian bawah hanya memakai adonan tanah liat dan jerami yang ditempelkan ke dinding sumur.

“Sedangkan pada bagian atas sumur diberi cor berbentuk bulat. Sehingga dugaannya karena tidak kuat menahan berat dari cor tersebut sumur amblas. Diperkirakan kedalaman sumur yang amblas 25 meter. Tapi tidak ada korban jiwa. Untuk sementara dari pihak pemilik sumur melakukan pengurukan bersama.warga untuk menutup sumur tidak membahayakan,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com