JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas Tutup Usia

Yunahar Ilyas / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Organisasi Islam Muhammadiyah tengah berduka. Salah satu Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Yunahar Ilyas tutup usia, Kamis (2/1/2020), sekitar pukul 23.47 WIB di Rumah Sakit Sarjito, Yogyakarta.

Ketua PP Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman mengatakan, Yunahar dirawat di RS Sarjito untuk persiapan cangkok ginjal.

“Namun karena kondisi Prof Yun menurun, kemudian dirawat di ICU,” kata Agus dalam keterangan di laman resmi Muhammadiyah, Jumat (3/1/2020).

Agus mengatakan, Yunahar merupakan ulama yang sangat tinggi dedikasi terhadap dakwah Islam. Bahkan dalam kondisi kurang sehat pun, kata dia, Yunahar masih aktif berdakwah.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Kajian dan karya-karya beliau selalu menginspirasi kami generasi di bawah beliau,” kata Agus.

Yunahar lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 22 September 1956. Ia menamatkan pendidikan dasar di Padang dan dua gelar sarjana. Gelar pertama diperoleh di Fakultas Ushuluddin Universitas Ibnu Riyadh pada 1983 dan Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol, pada 1984.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

Dua tahun kemudian, 1986, Yunahar menjadi anggota Muhammadiyah. Lalu, ia melanjutkan studi S2 dan S3 diselesaikan di Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga pada 1996 dan 2004.

Selama di Muhammadiyah, Yunahar pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah periode 2000-2005 dan pada periode 2005-2010 menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah.

Di luar Muhammadiyah, Yunahar tercatat sebagai Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sementara sehari-hari, ia bekerja sebagai dosen dan guru besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sejak 1987.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com