JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Miris, 2 Keluarga Korban Longsor di Karanganyar Terpaksa Mengungsi di Gudang Milik Tetangga

Kondisi bukit di Nglegok, Ngargoyoso, Karanganyar yang longsor dan menimpa rumah warga, Senin (23/12/2019). Foto/Wardoyo
   
Kondisi bukit di Nglegok, Ngargoyoso, Karanganyar yang longsor dan menimpa rumah warga, Senin (23/12/2019). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Dua kepala keluarga (KK), yakni keluarga Suwarso dan Nur Kholis, korban bencana tanah longsor di Dusun Dederan, RT 002/ RW 005, Ngledok, Kecamatan Ngargoyoso, terpaksa harus mengungsi.

Mereka kini tinggal di salah satu gudang milik tetangga mereka. Dua KK yang terdiri dari 9 orang tersebut menjadi satu di dalam gudang yang sebelumnya digunakan untuk penyimpanan pupuk dan beras.

Kepada wartawan, Suwarso menuturkan, mereka mulai menempati gudang tersebut sejak hari Sabtu (28/12/2019) lalu, dengan membawa alat rumah tangga dan pakaian.

Menurutnya, gudang sebelumnya digunakan untuk penyimpanan pupuk dan beras. Kemudian oleh pak Mardoyo selaku pemilik, ujarnya ditawarkan sebagai lokasi tempat tinggal sementara.

“Kami menempati gudang pak Mardoyo. Beliau yang menawarkan untuk menempati gudang ini,” ujarnya, Jumat (03/12/2019).

Suwarso mengungkapkan, pemerintah desa sebenarnya telah menawarkan sejumlah alternatif. Masing-masing untuk menempati rumah kosong yang berada di dekat lapangan desa serta menempati tanah kas desa.

Namun tawaran tersebut ditolak. Suwarso memilih menempati gudang karena lebiih dekat denggan rumah miliknya yang terkena longsor.

“ Sebetulnya sudah dicarikan tempat, yakni menempati rumah kosong dekat lapangan, serta menempati tanah kas desa. Hanya saja, tanah kas desa tersebut jauh dari pemukiman dan juga rawan bencana tanah longsor. Kami memilih di gudang karena dekat rumah, sehingga kami bisa memantau rumah kami yang terkena longsor,” kata dia.

Mengenai tawaran untuk relokasi mandiri, Suwarso mengaku tidak memiliki saudara dan kerabat.

“Kalau mau pindah, mau kemana. Saudara dan kerabat juga tidak ada. Ke depan, kami berharap, agar pemerintah segera memberitahukan hasil test struktur tanah, apakah mash layak dihuni atau tidak. Kalau layak, kami pindah ke sebelah rumah yang terkena longsor. Masih ada sisa tanah seluas 7 meter, dan bisa kami membangun rumah walaupun kecil,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyatakan, setelah menerima laporan dari BPBD, segera ditindaklanjuti dengan relokasi mandiri, dengan menempati lahan milik suadara atau kerabat mereka.

“Setelah itu, baru pemerintah membantu stimulant untuk membangun rumah atau pengadaan tanah sekaligus. Kan jumlahnya tidak banyak. Relokasi mandiri ini yang harus cepat kita tangani,” kata bupati. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com