JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Direncanakan Beroperasi Penuh pada Akhir Maret 2020

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Yogyakarta Internasional Airport (YIA) direncanakan akan beroperasi penuh pada 29 Maret 2020. Nantinya, saat beroperasi penuh, seluruh penerbangan baik domestik maupun internasional akan dialihkan dari Adisutjipto ke YIA.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, progres pembangunan YIA telah mencapai 97,8 per 19 Januari 2020. Pembangunan YIA ditargetkan selesai pada awal Maret 2020.

YIA akan beroperasi secara penuh pada 29 Maret 2020 dimana seluruh penerbangan di Bandara Adisutjipto akan dialihkan ke YIA, kecuali penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal yang menggunakan pesawat propeller, serta penerbangan VIP menggunakan pesawat jet pribadi,” kata Faik di YIA, Kulonprogo, DIY, akhir pekan kemarin.

Baca Juga :  Dalam Dua Setengah Bulan, 56 Warga Sleman Terjangkit DBD

Dengan operasi penuh itu, YIA akan dibuka lebih lama dari selama ini hanya 12 jam. “Sementara, jam operasi Bandara Adisutjipto Yogyakarta akan berubah dari sebelumnya pukul 05.00 – 21.00 WIB, menjadi pukul 05.00 – 18.00 WIB,” kata Faik.

Faik menjelaskan, sejak awal beroperasi pada 6 Mei 2019 hingga akhir Desember 2019, YIA telah melayani lebih dari 232.000 penumpang dan 2.568 pergerakan pesawat. YIA melayani 13 rute domestik tujuan Denpasar, Banjarmasin, Palembang, Jakarta (Cengkareng dan Halim Perdanakusuma), Palangkaraya, Batam, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Pontianak, Makassar dan Kualanamu.

Baca Juga :  Gagal Curi Motor di Rusunawa di Yogya, Remaja Asal Semarang Ini Diarak Massa ke Kantor Polisi

“Sedangkan, jumlah penerbangan di Bandara Adisutjipto sebanyak 150 penerbangan domestik dan delapan penerbangan internasional,” ujarnya.

Untuk itu, Faik mengatakan, YIA akan terus mempersiapkan diri menuju operasional penuh pada akhir Maret 2020. Sehingga, nantinya YIA dapat melayani penerbangan dari dan menuju DIY dan sekitarnya dengan lebih baik.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com