JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

1.000an Warga Kabupaten Klaten dari Beragam Kalangan Ikut Rayakan Hari Pers Nasional

Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul saat menyampaikan pidato pada perayaan Hari Pers Nasional di Kabupaten Klaten, Kamis (13/2/2020) malam. Foto: dok
   

KLATEN (JOGLOSEMARNEWS.COM )-Malam puncak Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Kabupaten Klaten dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 53 RSPD Klaten ke-53 diperingati pada Kamis malam 13 Pebruari 2020 di Gedung Sunan Pandanaran Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten dengan tema “Prestasi Tanpa Publikasi Kurang Berarti”.
Bupati Klaten Sri Mulyani yang sedianya hadir bersama para hadirin, tiba-tiba berhalangan karena ada tugas ke Semarang. Ia diwakili oleh Asisten I Sekda Klaten dr Rony Roekmito MKes. Hadir juga para Kepala OPD, Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, para wartawan serta sekitar 1.000an tamu undangan.
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta, Anas Syahirul dalam orasinya mengatakan, media sangat berarti bagi suatu wilayah, dengan adanya media bisa dipublikasikan prestasi yang dimiliki oleh wilayah. Dikatakan, dulu pers atau para teman-teman wartawan berjuang menggunakan karya jurnalistik untuk melawan penjajah. Di era sekarang jurnalistik digunakan sebagai identifikator dan teman komunikasi, karena sekarang mudah dan bebas semua orang bisa menggunakan media.
Dengan begitu, kata Anas Syahirul, media atau karya jurnalistik yang dipublikasikan harus bisa dipertanggung jawabkan atau memenuhi kaidah jurnalistik dan tersampaikan dengan baik. Di Kabupaten Klaten sudah lengkap dengan media seperti media mainstream seperti televisi, online, radio atau yang lainnya. Diharapkan dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, semua kegiatan bisa terekspos.

S

Sedangkan Joko Sarjono selaku Ketua Penyelenggara dalam laporannya mengatakan, peringatan HPN dan HUT RSPD Klaten ke 53 tahun 2020 ini bermakna dalam menjalin keakraban dengan 1000 tamu undangan yang hadir. Gelaran HPN 2020 ini diwarnai diwarnai kegiatan Pelayanan Publik, termasuk donor darah bekerja sama dengan PMI Klaten, Polres Klaten, Kodim 0723 Klaten dan Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, lalu ada juga Hiburan Rakyat.
Dikatakan, teman-teman pers di Klaten saat ini sudah bisa menjalankan tugas jurnalistik sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik, melaksanakan tugas peliputan sesuai dengan fungsi Pers yang mengedukasi, menginformasi, menghibur dan memperkuat nasionalisme.
Sementara itu Asisten I Sekda Klaten dr Rony Roekmito MKes mewakili Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam pidatonya pada malam puncak HPN dan HUT RSPD Klaten tahun 2020, mengatakan, bahwa media di Klaten ini harus sabar dengan adanya dinamika di Kabupaten Klaten. Diharapkan dinamika insan media Klaten ini terus mampu menunjukkan ke arah yg lebih baik demi kemajuan Kabupaten Klaten tercinta.
Mewakili Bupati Klaten, dr Rony Roekmito MKes mengucapkan, Selamat Hari Pers Nasional dan HUT RSPD Klaten 2020. Melalui HPN dan HUT RSPD, agar semua komponen media di Kabupaten Klaten semakin kompak untuk membangun Kabupaten Klaten yang maju, mandiri , berdaya saing serta berpesan kepada teman-teman di RSPD supaya meningkatkan kinerjanya.
Pelayanan masyarakat juga mewarnai HPN dan HUT RSPD kali ini yang diadakan pada Kamis siang, 13 Pebruari 2020. Mulai dari jam 08.00 pagi sudah ada stand pelayanan kesehatan, dukcapil, pajak, Donor Darah dari PMI Klaten, Hiburan Dunia Anak, Karaoke, Hadroh, Solawatan dan laras madyo dari Paguyuban Keluarga Muslim dari Desa Gesikan, Kecamatan Gantiwarno.
Diakhir acara malam puncak HPN dan HUT RSPD Klaten 2020 ada pemotongan tumpeng oleh Asisten I, Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Kepala Bagian Humas Klaten yang diserahkan kepada wartawan Tribun jogja Victor Mahrizal, redaktur pelaksana Solopos.com Danang Nur Iksan, dan Ketua PWI surakarta Anas Syahirul. Acara dimeriahkan musik keroncong dan paguyuban campursari Pusaka Klaten. (Marwantoro)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com