JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

2 Gajah Gembira Loka Bunting Tua, Ini Perawatan Kesehatan untuk Mereka

Dua ekor gajah yang sedang bunting di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta mendapat penanganan khusus / tempo.co
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setiap pagi dan sore, Shinta dan Seiji diajak oleh Mahout berjalan-jalan mengelilingi danau Mayangtirta di kawasan kebun binatang Gembira Loka, Yogyakarta.

Dengan aktivitas jalan-jalan tersebut, diharapkan keduanya dapat melahirkan bayinya dengan lancar tanpa gangguan.

Shinta dan Seiji adalah dua ekor gajah koleksi kebun binatang Gembira Loka, Yogyakarta, yang sekarang tengah hamil tua, dengan usia kandungan 19 bulan dan 13 bulan.

Kepala Bidang Kesehatan Satwa dan Nutrisi Gembira Loka, Berta Alviyanto menuturkan usia kehamilan gajah betina Shinta itu sudah 19 bulan.

“Gajah umumnya memiliki periode kehamilan terlama, antara 18 bulan sampai 22 bulan,” ujar Berta, Selasa (18/2/2020).

Baca Juga :  2 Motor Kejar-kejaran Tengah Malam Hingga Terjadi Kecelakaan di Sleman, Diduga Aksi Klitih

Dengan kondisi tersebut, menurut Berta, pihak Gembira Loka memberi perlakuan khusus, agar kondisi induk dan bayi di kandungannya tetap prima.

Beberapa pekan terakhir dua gajah itu rutin diajak jalan-jalan oleh mahout atau perawat gajah, mengelilingi Danau Mayangtirta di kompleks kebun binatang itu.

“Dengan olahraga jalan sehat ini metabolisme dalam tubuh induk dan bayi gajah di kandungan tetap baik. Sehingga saat melahirkan bisa berlangsung lancar,”  ujar Berta.

Dalam masa kehamilan ini kondisi kesehatan gajah bunting itu dipantau secara terus menerus. Kebutuhan nutrisinya pun dipenuhi.

Selain diberi pakan rumput kalanjana juga ada tambahan menu sayur-sayuran dan buah-buahan, seperti kacang-kacangan, pepaya, semangka, dan melon. Selain itu, pemeriksaan darah dan pemeriksaan ultrasonografi (USG) rutin dilakukan.

Baca Juga :  Gempa M 5.0 di Gunungkidul, Getarannya Sampai Wonogiri, Trenggalek dan Pacitan

Tak hanya olahraga dan makanan yang dipantau, Gembira Loka sejak Januari 2020 lalu juga menyiagakan petugas untuk piket malam guna mengawasi kondisi gajah gajah yang bunting itu.

“Piket itu untuk memantau keadaan gajah, khususnya gajah  Shinta yang sudah memasuki masa melahirkan. Diperkirakan, Shinta melahirkan akhir Maret atau awal April 2020 nanti,” ujar Rohman Bagus, salah satu mahout Gembira Loka.

Direktur Utama Gembira Loka Kanjeng Mas Tumenggung A. Tirtodiprojo menuturkan satwa berbelalai koleksi kebun binatang itu, mendapat perlakuan khusus sebagai bagian pembiakan terprogram.

Saat ini Gembira Loka memiliki koleksi total delapan ekor gajah Sumatera yang terdiri dari dua ekor jantan dan enam ekor betina.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com