JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Atap Mal Malioboro, Yogyakarta Runtuh, Ini Sebabnya

Plafon Mal Malioboro, Yogyakarta, yang ambrol pada Senin (24/2/2020) sore / tempo.co
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Plafon atap pusat perbelanjaan Mal Malioboro di Jalan Malioboro Kota Yogyakarta runtuh  pada Senin (24/2/2020), sekitar pukul 15.30 WIB.

Peristiwa runtuhnya plafon berbahan gypsum di mal yang beberapa bagiannya saat ini masih direnovasi itu sempat diunggah di media sosial.

Sebelum ambrol, muncul kucuran air dari celah atas pusat perbelanjaan lima lantai tersebut.

Kemudian terdengar suara ‘brakk!’. Sebagian atap plafon tadi runtuh sampai lantai dasar disertai air yang tumpah hingga ke eskalator. Para pengunjung yang terekam peristiwa itu pun tampak panik.

Baca Juga :  Mobil Ayla Tiba-tiba Oleng dan Seruduk Truk Fuso di Bantul, Begini Nasibnya

“Atap yang ambrol adalah plafon dekat foodcourt di lantai tiga,” ujar Yosephine Rena Ranindita, Public Relations Mal Malioboro kepada Tempo, Senin (24/2/2020).

Renna menjelaskan plafon selebar 3 x 3 meter itu roboh karena tertekan oleh sambungan pipa yang bocor di atas mal ditambah debit air hujan melimpah.

Sambungan pipa yang terlepas membuat air kian meluber, menekan plafon, hingga mengakibatkan robohnya atap pusat perbelanjaan tersebut.

Saat ini pipa yang terlepas masih dalam proses perbaikan, dilanjutkan dengan penutupan kembali plafon. Perbaikan diperkirakan selesai esok hari, Selasa (25/2/2020).

“Kerusakannya langsung diatasi,” kata Rena.

Baca Juga :  Gagal Curi Motor di Rusunawa di Yogya, Remaja Asal Semarang Ini Diarak Massa ke Kantor Polisi

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu. Hanya saja, peristiwa tersebut membuat pengunjung panik dan heboh.

Pihak Mal Malioboro masih mendata kerugian akibat peristiwa itu. Rena menjelaskan, pengelola masih fokus memperbaiki instalasi pipa air di bagian atap tadi.

Marketing dan Promotion Staff Mal Malioboro, Eunike Set Setyarini mengatakan area terdampak dari ambrolnya plafon adalah void foodcourt.

“Air melimpah dari plafon berbahan gypsum ke lantai atrium timur dan mengenai esklator,” ujarnya.

Selama dan sesudah plafon Mal Malioboro ambruk, pengunjung tetap dapat masuk ke mal sisi timur namun melalui eskalator di bagian utara. Satu-satunya esklator yang disterilkan dari pengunjung adalah eskalator sisi timur.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com