JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Banjir Pekalongan Bikin Kapolda Jateng Tergerak Sambangi Pengungsi. Total 1.587 Warga Mengungsi, Empat Kecamatan Masih Terendam

Foto/Humas Polda
   
Foto/Humas Polda

PEKALONGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengunjungi tempat pengungsian warga terdampak banjir di Masjid Al Karomah Kecamatan Pekalongan Barat, Selasa (25/2/2020) siang.

Kunjungan itu disambut hangat oleh Walikota Pekalongan Saelany Mahfudz, dan Bupati Pekalongan Asip Kolbihi beserta jajaran.

Kedatangan Kapolda bersama istri dan jajarannya guna memberikan bantuan kepada korban banjir seperti sembako, makanan, obat-obatan, hingga perlengkapan anak.

“Kami datang ke sini sebagai bentuk rasa persaudaraan kita, rasa kasih sayang kita, saling berbagi saling membantu untuk memberikan bantuan dan jalan keluar atas musibah banjir yang terjadi,” ujar Kapolda Jateng saat berinteraksi dengan warga.

Untuk menjamin keamanan warga, Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel meminta warga untuk tetap berada di dalam pengungsian sampai air kembali surut.

Baca Juga :  Pabrik Pil Koplo Beromzet Triliunan Rupiah di Semarang Digerebek BPOM

“Tetap tinggal disini dulu sampai air surut. Rumahnya akan dijaga oleh tentara dan polisi, tenang. Kalau mau berangkat liat rumah lapor dulu ke polisi atau tentara biar aman. Jangan berangkat diem- diem malam-malam nanti ada air tinggi lagi kesulitan untuk kembali ke sini,” pesan Kapolda.

Dalam kesempatan itu, Kapolda meminta warga untuk memanfaatkan posko gabungan TNI, Polri dan pemerintah daerah yang telah disediakan.

Posko siap membantu kebutuhan pengungsi dan menyediakan pelayanan kesehatan hingga pengamanan.

Seperti diketahui, sekitar 80 persen wilayah Kota Pekalongan terdampak banjir setinggi rata-rata 30 cm akibat hujan sejak Minggu (23/2/2020) sore.

Baca Juga :  Dampak Banjir Kudus, 141 Warga Masih Tinggal di Posko Pengungsian Sepekan Ini

Hingga berita ini diturunkan, Kapolda terpantau meninjau lokasi banjir lain diantaranya di Kecamatan Tirto. Selain itu di Kecamatan Pekalongan Barat, banjir juga mengenangi wilayah Pekalongan Timur, Selatan, dan Buaran.

Bahkan hingga meluas di kecamatan Pekalongan utara yang hampir 75 persen wilayahnya terendam banjir setinggi 40 cm.

Sementara itu, hingga saat ini tercatat sudah ada 1.587 orang pengungsi di Kecamatan Pekalongan Barat yang memenuhi tempat pengungsian.

Turut bergabung dalam kunjungan ini Dirsamapta Polda Jateng Kombes Pol Herry Purnomo, Dirpolair Polda Jateng Kombes Pol Risnanto, Dirintelkam Polda Jateng Kombes Pol Yuda Gustawan, Dansat Brimob Polda Jateng, Kombes. Pol. Tory Kristianto, Dirreskrimum Polda Jateng dan Kabid Dokkes. JSnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com