JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

HUT Kota Solo, 10.000 Takir Jenang Dibagikan Gratis, Ada 17 Macam Jenisnya

Dalam rangka memperingati HUT Kota Solo ke-275, Pemkot Solo menggelar "Semarak Jenang Solo 2020", Senin (17/2/2020), di Ndalem Joyokusuman. Sebanyak 10 ribu takir jenang dapat dinikmati warga secara gratis. Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam rangka memperingati HUT Kota Solo ke-275, Pemkot Solo menggelar “Semarak Jenang Solo 2020”, Senin (17/2/2020), di Ndalem Joyokusuman. Sebanyak 10 ribu takir jenang dapat dinikmati warga secara gratis.

“Yang berbeda dari kegiatan ini, diadakan di Ndalem Joyokusuman. Dimana Ndalem Joyokusuman ditunjuk sebagai pusat diadakannya kegiatan budaya di Solo,” urai Kepala Dinas Pariwisata Solo, Hasta Gunawan.

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

Semarak Jenang Solo 2020 melibatkan 275 tenan dari berbagai elemen masyarakat dan komunitas. Mereka membagikan gratis 17 jenang berbeda. Ke 17 jenis jenang tersebut diantaranya jenang sepasaran, jenang lemu, jenang grendul, jenang timbul, jenang ngangrang, jenang warni empat, jenang taming, jenang sumsum, jenang pati, jenang kokoh, jenang salaka, jenang lahan, jenang majemukan, jenang katul, jenang procot, jenang abang putih dan jenang sengkala.

Baca Juga :  IHGMA Jateng Gelar Rakor Bahas Strategi Pengembangan Pariwisata di Jawa Tengah

“Kegiatan ini kental sekali dengan tradisi Jawa. Dan setiap jenis jenang tersebut dibuat penuh dengan filosofinya. Seperti misalnya jenang procot, dalam tradisi dibuat saat ada seorang wanita yang tengah hamil dan akan melahirkan. Harapannya dapat melahirkan dengan lancar,” imbuh Hasta.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menuturkan, Semarak Jenang Solo 2020
merupakan salah satu upaya untuk mengangkat Kota Solo. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com