JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kemendikbud Buka Pendaftaran KIP Kuliah Mulai 2 Hingga 31 Maret 2020

Ilustasi Kartu Indonesia Pintar. Sumber/Kemendikbud RI
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah mulai tanggal 2 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020 pukul 23.59 WIB. Kartu ini ditujukan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam mengatakan, KIP kuliah merupakan bentuk penguatan program Bidikmisi. Target penerima bantuan ini adalah mahasiswa dari keluarga kurang mampu agar bisa mengenyam pendidikan tinggi.

“Pada tahun ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan KIP Kuliah agar terintegrasi dengan kebijakan yang telah dilaksanakan selama lima tahun belakangan ini, yakni KIP yang dimiliki siswa SMA maupun SMK. Perlu disampaikan bahwa kebijakan KIP Kuliah untuk sementara diperuntukkan hanya bagi calon mahasiswa baru di kampus,” disampaikan Nizam di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (24/2).

Baca Juga :  Longsor Parang Bangun Kecamatan Munjungan Trenggalek, Jalanan Tertutup Material Tanah

Saat ini, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka. Semula, pendaftaran akan ditutup pada tanggal 27 Februari 2020 pukul 23.50. Namun, khusus bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang membutuhkan KIP Kuliah, disediakan perpanjangan waktu yaitu tanggal 2 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020.

Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih, menjelaskan, bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan belum memiliki KIP, dapat melakukan pendaftaran SNMPTN hingga pengisian program studi dan pilihan universitas. Namun, diharapkan tidak melakukan finalisasi terlebih dulu sebelum mendaftar pada laman KIP Kuliah.

Baca Juga :  Terganggu Manuver Sejumlah Kader PDIP, Rencana Pertemuan Mega-Prabowo Masih 50:50

“Pendaftaran KIP Kuliah dimulai 1 Maret mendatang. Boleh saja sudah mulai mendaftar dan mengisi informasi-informasi yang perlu dicantumkan di pendaftaran SNMPTN, tetapi kami imbau untuk jangan finalisasi terlebih dulu. Jika pendaftaran KIP Kuliah sudah rampung, baru pendaftaran SNMPTN dapat difinalisasi dan cetak kartu,” kata dia lagi.

Bagi yang ingin mendaftar KIP kuliah, calon mahasiswa bisa melakukannya secara mandiri. Calon mahasiswa dipersilakan langsung mengakses laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Setelah masuk ke laman tersebut, sistem akan melakukan validasi terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com