JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Muncul Isu Rencana Reshuffle Kabinet, Ini Tanggapan Jubir Jokowi

Presiden Joko Widodo hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan yang digelar oleh Yayasan Sukma Bangsa dan Forum Bersama (Forbes) anggota DPR dan DPD RI asal Aceh, di Aceh, Sabtu (22/2/ 2020) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman dibuat sibuk oleh pernyataan relawan Jokowi, Dede Budhyarto yang mengatakan bahwa akan asa reshuffle kabinet.

Fadjroel Rahman kembali mengklarifikasi isu reshuffle kabinet yang dilontarkan Dede tersebut.

Fadjroel menegaskan bahwa tidak ada rencana kocok ulang kabinet dalam waktu dekat, namun presiden memerintahkan semua anggota kabinet fokus terhadap fungsi kementeriannya masing-masing dan segera dapat beradaptasi.

Hal itu, kata Fadjroel, disampaikan Jokowi ketika menjawab pertanyaan para pendukungnya dari kalangan artis, influencer, dan pegiat media sosial, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020).

“Apa-apa perlu penyesuaian. Ada yang cepat beradaptasi, ada yang tidak. Mohon sedikit dimaafkan dulu,” begitu kutipan langsung (verbatim) dari pernyataan Presiden Jokowi yang disampaikan oleh Fadjroel, Minggu (23/2/2020).

Fadjroel mengatakan, para anggota kabinet mesti cepat menyesuaikan diri dengan fungsi kementeriannya agar tujuan Indonesiasentris atau pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia dapat tercapai sesuai kehendak presiden.

“Kalau terus (tidak dapat beradaptasi), pasti saya ganti,” begitu pernyataan Presiden Jokowi

Isu reshuffle pertama kali dilontarkan Dede Budhiyarto, relawan Jokowi yang ikut membantu pemenangan di Pilpres 2014 dan 2019.

Dia mengatakan, isu kocok ulang kabinet itu dibahas dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan para pendukungnya dari kalangan artis, influencer, dan pegiat media sosial, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020).

Dede mengatakan, Presiden Jokowi merencanakan akan melakukan reshuffle kabinet mengganti menteri-menteri yang kinerjanya dinilai kurang bagus.

“Pengen cerita hasil pertemuan dengan Presiden @jokowi, eh pulang dari Istana Bogor malah sakit. Intinya bakal ada reshuffle tunggu saja yah. Menteri yang kinerjanya ndak bagus bakalan dicukupkan,” cuit Dede lewat akun twitter-nya @kangdede78.

Dede mempersilakan cuitannya dikutip, namun dia enggan bercerita lebih lanjut. “Maaf saya lagi sakit, saya gak bisa jawab, kutip aja (yang di twitter), tapi saya gak bisa cerita apa-apa ya,” ujar Dede saat dihubungi Tempo, Jumat (21/2/ 2020). Istana kemudian membantah klaim tersebut.

www.tempo.co

Baca Juga :  Jokowi Disebut Cawe-cawe Soal Kabinet Prabowo, Habiburokhman: Saya Saja Boleh Usulkan Nama?
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com