JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tanam Vetiver Alias Akar Wangi, Ini Solusi Tepat Ala Presiden Jokowi Untuk Mengatasi Masalah Sedimen di Waduk

   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Jokowi mengatakan, tanaman vetiver atau akar wangi sangat mudah dibudidayakan. Kabar gembiranya, vetiver merupakan solusi tepat mengatasi permasalahan sedimen di semua waduk.

Presiden mengungkapkan hal itu di sela penanaman vetiver dan porang di area daerah aliran sungai (DAS) Keduang di hulu Waduk Gajah Mungkur, Dusun Pule Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, Sabtu (15/2/2020).

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

Menurut Presiden, setelah ditanam, vetiver tidak perlu dirawat.

“Tanem ndak perlu dirawat langsung muncul nanti, 3 tahun saja sudah akarnya 3 sampai 4 meter,” kata Presiden.

Tanaman vetiver jelas orang nomor satu di Indonesia, merupakan solusi masalah sedimen di waduk. Dia membeberkan untuk menyelesaikan masalah sedimen bukan dengan pengerukan. Tapi melalui penanganan di daerah hulu waduk dengan penanaman jenis tanaman yang tepat. Salah satu contohnya adalah vertiver atau akar wangi yang terbukti mengikat tanah hingga mencegah longsor maupun pergerakan sedimen.

Baca Juga :  SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Gelar Sosialisasi Anti Bullying

“Semua waduk yang saya lihat baik di Sulawesi, baik di Jawa, baik di Sumatra, semuanya sedimen. Dan diselesaikan dengan dikeruk, keliru. Keliru itu,” ungkap dia

Selesaikan hulunya dengan tanaman-tanaman ini. Akan menyelesaikan masalah,” tandas dia. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com