JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Yasonna: Ada 200 Anggota ISIS eks WNI Terverifikasi Punya Paspor

Yasonna Laoly / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di antara 689 anggota ISIS eks WNI yang berada di wilayah Timur Tengah, diketahui sebanyak 200 orang teridentifikasi memiliki paspor.

Demikian diketakan oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly. Dikatakan Yasonna, pemerintah sejauh ini masih melakukan pendataan terhadap 689 anggota ISIS eks WNI yang berada di wilayah Timur Tengah tersebut.

“Masih di asses (assesment-red). Jadi data sebetulnya itu ada nama-namanya belum terverifikasi semua. Yang terverifikasi baru sekitar 200-an (memiliki paspor),” kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

Namun, Yasonna tidak merinci apakah dari jumlah tersebut sudah termasuk anak-anak yatim piatu atau tidak.

“Dia sudah jelas punya paspor punya nama. Ya kita tangkal. Ya itu sekarang sudah ada tim mau ke sana, biar nanti dapat datanya dulu lah,” ucap Yasonna.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta kementerian atau lembaga terkait melakukan identifikasi dan verifikasi kepada 689 orang yang sebagian besar berada di Suriah tersebut.

Baca Juga :  Kemnaker Imbau Gojek dan Grab Berikan THR, Asosiasi Driver Online Pesimis

Proses identifikasi diperlukan agar mereka bisa dicegah dan tangkal masuk ke Indonesia.

“Saya perintahkan agar itu diidentifikasi satu per satu 689 orang yang ada di sana. Nama dan siapa berasal darimana sehingga data itu komplit. Sehingga cegah dan tangkal bisa dilakukan di sini kalau data itu dimasukkan ke imigrasi. Tegas ini saya sampaikan,” kata Jokowi di Istana Negara, Rabu, (12/2/2020).

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com