JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Antisipasi Virus Corona, Masjid Gedhe Kauman Hentikan Semua Kegiatan Ibadah Sementara Waktu

Masjid Gedhe Kauman yang berada di Kampung Kauman Kelurahan Ngupasan Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta. TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta menghentikan semua kegiatan ibadah untuk sementara waktu. Keputusan ini diambil sebagai upaya pencegahan penularan corona virus, yang dianggap semakin masif dari waktu ke waktu.

Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman, Azman Latif pun menandaskan, keputusan ini selaras dengan apa yang disampaikan Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X beberapa waktu lalu, terkait status tanggap darurat Covid-19, untuk seluruh wilayah DIY.

“Kemudian, maklumat PP Muhammadiyah yang telah berkoordinasi dengan BNPB, juga menyerukan salat di rumah, agar masjid tidak menyelenggarakan salat berjamaah,” katanya, Senin (23/3/2020).

Karena itu, beberapa kegiatan selain jamaah salat lima waktu, layaknya pengajian rutin, maupun ibadah salat Jumat, mulai ditiadakan per hari ini. Walau begitu, ia memastikan, sama sekali tidak ada kebijakan untuk menutup Masjid Gedhe secara penuh.

Baca Juga :  Polres Bantul Sita 30 Kg Bahan Petasan dan Amankan 3 Orang Pelaku, Seorang Masih Buron

“Tidak kemudian kita menutup masjid keseluruhan ya, kalau ada musafir yang mau salat, tetap dipersilakan, pintu kita buka,” ungkap Azman.

“Adzan pun tetap kita kumandangkan, sebagai tanda masuknya waktu salat dan ditambah seruan ‘shollu fii buyutikum’, supaya salat di masing-masing rumahmu. Tapi, tentu tak ada ikomah,” imbuhnya.

Azman berharap, kebijakan ini bisa diterima dengan besar hati oleh para jamaah, maupun umat islam pada umumnya.

Sebab, ia memandang, persebaran corona virus, dimana jumlah masyarakat yang terpapar telah mengalami eskalasi, atau kenaikan.

Baca Juga :  Intensitas Guguran Lava Gunung Merapi Tinggi, Warga Diimbau Tak Beraktivitas di Daerah Potensi Bahaya

“Mau tidak mau, penularan harus dicegah, dengan menghindari berkumpulnya orang-orang. Nah, salah satunya, jamaah salat. Oleh sebab itu, dengan sangat terpaksa, dengan berat hati ya, kita hentikan seluruh kegiatan di Masjid Gedhe,” ucapnya.

Lebih lanjut, meski bersifat sementara, ia belum bisa memastikan sampai kapan kebijakan ini akan berlaku.

Menurutnya, Takmir Masjid Gedhe Kauman akan terus memantau perkembangan, terkait penyebaran corona virus, di Yogyakata pada khususnya.

“Sejauh ini, ya sampai batas waktu yang belum kita tentukan. Sampai kemudian keadaan dinyatakan tidak darurat dan kembali normal,” pungkasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com