JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Bulog Jateng Nyatakan Stok Pangan Aman Hingga Akhir Tahun, Warga Diminta tak Lakukan Aksi Borong

Pasar murah beras di depan Pasar Kota Wonogiri.
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Bulog Jawa Tengah menyatakan cadangan pangan di Jateng aman hingga akhir tahun mendatang. Stok beras yang tersedia di sejumlah gudang Bulog yang ada di wilayah Jawa Tengah saat ini masih mencapai 103.823 ton.

Kendati masih ada kecemasan kapan ancaman penyebaran virus Corona bakal berakhir, masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Bahkan tidak perlu muncul kepanikan, yang membuat masyarakat harus buru- buru melakukan aksi borong berbagai bahan kebutuhan pangan.

“Itu angka yang aman, setidaknya untuk delapan bulan ke depan,” kata Pemimpin Wilayah Perum Bulog Jawa Tengah, Basirun, di Semarang, Selasa (17/3/2020).

Ia juga mengungkapkan, seiring dengan dikuranginya sejumlah aktivitas sosial guna mengurangi risiko penularan virus Corona, Perum Bulog penting menjelaskan stok. Sehingga, dalam situasi tersebut tidak memicu munculnya ‘panic buying’ yang berpotensi terhadap instabilitas ketersediaan bahan pangan di tengah- tengah masyarakat.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

“Stok yang ada, masih bisa mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat Jawa Tengah, kami imbau masyarakat agar tetap tenang,” kata Basirun.

Bahkan, ketersediaan beras di wilayah Jawa Tengah akan tetap stabil hingga akhir tahun, karena sekitar bulan April 2020 musim panen di berbagai daerah bakal berlangsung. Selain beras, Bulog memiliki stok bahan pangan yang lain, seperti minyak goreng, daging beku, dan tepung terigu.

Untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga, Perum Bulog Jawa Tengah juga terus mengoptimalkan kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) beras medium. Penyaluran beras dilakukan melalui masing- masing cabang, yang meliputi Cabang Semarang, Cabang Pati, Cabang Surakarta dan Cabang Pekalongan.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

“Hingga saat ini, realisasi pelaksanaan KPSH Perum Bulog Jawa Tengah telah mencapai 41.858 ton beras, dengan rata-rata realisasi sebanyak 800 ton per hari,” ujarnya.

Dengan dilakukannya kegiatan KPSH ini, kata Basirun, diharapkan masyarakat Jawa Tengah tidak kesulitan untuk mendapatkan beras berkualitas dengan harga terjangkau.

“Selain itu, upaya yabg dilakukan Bulog Jawa Tengah juga untuk mendukung ketahanan pangan nasional agar tetap terjaga,” kata Basirun.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com