JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gempa 5,0 Guncang Bogor, Hancurkan Beberapa Rumah

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gempa magnitudo 5,0 yang mengguncang Sukabumi, mengakibatkan rumah di di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor luluh lantak.

Ketua Tagana Kabupaten Bogor Taufik, mengatakan, dari informasi di lapangan sembilan rumah mengalami kerusakan.

Menurutnya, pendataan terus dilakukan oleh jajarannya, bahkan aparat kecamatan dan kepolisian setempat terjun bersama untuk melakukan evakuasi.

“Saat ini tim sudah ke tempat kejadian perkara, melakukan pendataan menyeluruh,” kata Taufik saat dikonfirmasi Tempo, Selasa (10/3/2020) malam.

Taufik mengatakan, sembilan rumah yang rusak tersebut, terletak di Kampung Muara Satu RT 01/01 Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan.

Baca Juga :  Sudah 3 Kali Dapat Peringatan Keras, Giliran Ketua KPU Hasyim Asy’ari Dilaporkan Atas Tindakan Asusila

Total kepala keluarga yang terdampak berjumlah 13 orang. Taufik menyebut semua rumah mengalami kerusakan sedang dan tidak ada korban jiwa.

Hanya ada bocah berusia 10 tahun mengalami luka ringan sebab tertimpa material bangunan runtuh. “Sementara hanya itu yang baru terdata hingga saat ini,” kata Taufik.

Seorang warga kampung Purwabakti RT05/03, Desa Purwabakti, kecamatan Pamijahan, Asep, 43 tahun, mengatakan di wilayah setempat tercatat ada tiga rumah mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

Baca Juga :  Megawati Ajukan Diri sebagai  Amicus Curiae Dalam Sengketa Pilpres ke MK, Ini Artinya

Asep mengatakan saat ini pemerintah desa setempat sudah turun ke lapangan, membuat posko darurat dan mengimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika mengalami kerusakan di rumahnya.

“Di kampung saya cuma tiga yang rusak,” ujar Asep.

Namun Asep menyebut ada tiga desa lain yang kabarnya mengalami hal sama. Asep mengatakan setidaknya ada lima rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan, baik roboh dindingnya dan ambrol bagian atap atau balkon rumahnya.

Asep mengatakan saat ini warga dibantu pihak Kecamatan, Polsek, Koramil Pamijahan dan Desa Purwabakti tengah membersihkan material rumah yang rusak.

“Pak Kades yang pimpin langsung,” kata Asep.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com