JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Pandemi Corona, Benda-benda di Rumah Ini Wajib Dibersihkan

ilustrasi / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Selama masa penanganan wabah virus corona, masyarakat disarankan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menjaga jarak sosial, serta menjauhi kerumunan.

Di media sosial pun beredar ajakan untuk tetap di rumah saja. Meski terdengar membosankan, ada banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya membersihkan beberapa area penting di rumah yang paling sering disentuh.

Melansir laman Real Simple, berikut ini beberapa area penting di rumah yang harus Anda bersihkan.

1. Ponsel

Anda menyentuh ponsel berkali-kali sepanjang hari dan bahkan mungkin memegangnya saat membaca ini. Meskipun rajin mencuci tangan dengan benar, namun jika Anda tidak membersihkan ponsel, maka kuman dapat kembali ke tangan. Sebuah studi tahun 2012 oleh University of Arizona menemukan bahwa ponsel memiliki lebih banyak kuman daripada kursi toilet.

Untuk membersihkan ponsel secara mendalam tanpa risiko kerusakan air, ikuti cara berikut. Pertama, pastikan tangan Anda bersih, lalu bersihkan permukaan ponsel dengan kain microfiber antibakteri dan semprotkan pembersih ke kain, hindari langsung menyemprotkan ke layar untuk mencegah kerusakan.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Lepaskan casing dan lap dengan kain bersih yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil 70 persen, lalu diamkan hingga kering.

2. Keyboard

Benda ini penuh dengan celah dan Anda mungkin menekannya selama berjam-jam sehari. Keyboard komputer adalah tempat berkumpulnya kuman, dan celahnya sulit dibersihkan.

Untuk membersihkannya, cabut kabel keyboard, lalubalikkan dan gunakan tiupan untuk menghilangkan remah dan debu.

Untuk mendisinfeksi, lap permukaan dengan alkohol isopropil 70 persen, berhati-hatilah agar cairan tidak menetes ke keyboard.

3. Gagang Pintu dan Sakelar Lampu

Kuman dapat bertahan lebih lama di bagian permukaan daripada yang Anda kira. Untuk mendisinfeksi gagang pintu dan tombol sakelar lampu, bersihkan dengan produk penghancur kuman, seperti yang direkomendasikan oleh CDC, Clorox Disinfecting Wipes.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Saat membersihkan sakelar lampu, berhati-hatilah agar cairan tidak menetes ke outlet.

4. Meja Dapur

Untuk menjaga daerah meja dapur bebas bakteri, bersihkan dengan batu berpori (seperti granit), jangan lupa untuk serta membersihkan bagian keran dan gagang dengan semprotan desinfektan.

5. Boneka dan Selimut

Jika si kecil sakit, periksa label pada bonekanya untuk melihat apakah dapat masuk ke mesin cuci untuk dibersihkan. Jika bisa, ikuti instruksi mencuci ini dengan menggunakan pengaturan air terpanas, bersama dengan pembersih cucian, kemudian keringkan.

6. Meja

Dengan banyaknya perusahaan yang menerapkan kebijakan bekerja dari rumah tentu penting untuk membersihkan zona kerja di rumah.

Pastikan untuk menggunakan semprotan desinfektan atau lap pada permukaan meja dan kursi. Sekali lagi, perhatikan permukaan yang sering Anda sentuh, seperti pegangan laci dan tempat penyimpanan dokumen.

7. Remote TV

Untuk membersihkan remote, pertama-tama jangan lupa lepaskan baterai.  Kemudian gunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam 70 persen alkohol isopropil untuk membersihkan remote dan gunakan Q-Tip untuk membersihkan tombol dengan hati-hati. Pastikan remote  benar-benar kering sebelum Anda memasukkan kembali baterainya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com